Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Beri Kejutan buat Warga Sumsel, Stadion Jakabaring Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 di 2023

Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:49 WIB
menpora-beri-kejutan-buat-warga-sumsel-stadion-jakabaring-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u20-di-2023
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Sumber: Kemenpora)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang.

Salah satu stadion yang menjadi pelaksanaan pertandingan Piala Dunia U20 yakni Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di Palembang, Sumatera Selatan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan, Stadion Jakabaring resmi menjadi tuan rumah untuk perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2023.

Baca Juga: Piala Dunia U20 2023: 10 Negara Sudah Lolos, UEFA dan CONCACAF Sudah Lengkap

Pengumanan lokasi GSJ menjadi tuan rumah piala dunia itu disampaikan Zainuddin saat membuka acara Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumsel, Jumat (1/7/2022).

Menpora menjelaskan, terpilihnya GSJ sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia karena banyak acara berkelas internasional sudah berhasil digelar di Palembang.

Ia pun meminta kepada pemerintah daerah untuk mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia U20 yang akan digelar tahun depan.

"Sengaja saya tahan-tahan (pengumuman) kemarin, karena memang ingin saya sampaikan pada pembukaan FORNAS VI sebagai kejutan bagi masyarakat Sumsel," ujar Zainudin, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Jadi Lokasi Gelaran Kejuaraan Kelompok Umur AFF/AFC

Amali menambahkan, Stadion Jakabaring menjadi satu dari 6 provinsi yang ditunjuk sebagai tempat digelarnya acara pertandingan U-20.

Lima stadion lain yang dijadikan tuan rumah Piala Dunia U20 yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

"Sumsel memiliki catatan pengalaman dalam penyelenggaraan event internasional seperti Sea Games dan Asian Games. Jadi tidak heran kalau selalu ditunjuk dan dalam penyelenggaraan event olahraga Internasional," ujarnya. 

Baca Juga: FIFA akan Gunakan Teknologi Pendeteksi Offside Semi-Otomatis di Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia U-20 sebelumnya direncanakan digelar pada 2021 lalu. Namun, rencana itu dibatalkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang kembali memuncak.

Setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal, Piala Dunia U-20 pun direncanakan kembali digelar pada kisaran Mei dan Juni 2023 mendatang.


Federasi sepak bola dunia (FIFA) resmi menunjuk Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menjadi tuan rumah kompetisi pada 2023.

 


Sumber : Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x