Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Baru Kemarin Diluncurkan, Minyakita Dijual di Marketplace Rp28.000/Liter

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 10:10 WIB
baru-kemarin-diluncurkan-minyakita-dijual-di-marketplace-rp28-000-liter
MinyaKita dijual di salah satu marketplace dengan harga lebih mahal dari ketentuan pemerintah, yaitu Rp14.000 per liter. (Sumber: Tangkapan layar/Dina Karina )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Minyak goreng curah rakyat (MGCR) yang dikemas dengan merek Minyakita, ternyata banyak dijual di marketplace dengan harga di atas ketentuan pemerintah. Minyak kemasan yang baru diluncurkan Rabu (6/7/2022) kemarin itu, seharusnya dijual seharga Rp14.000 per liter.

Dari penelusuran Kompas TV, banyak toko online yang menjual Minyakita di salah satu marketplace, dengan harga jauh di atas ketentuan.

Misalnya, ada pedagang yang menulis tokonya berasal di Tuban, Jawa Timur, memasang harga Rp24.000 untuk 1 liter Minyakita dalam kemasan plastik. Lalu ada penjual asal Semarang yang menjual "Minyak Goreng MinyaKita Bantal" kemasan 1 liter seharga Rp22.500.

Baca Juga: Minyakita Diluncurkan, Pedagang Minta Ada Kemasan Kecil

Ada juga penjual asal Tuban yang menghargainya Rp28.000 per liter. Kemudian ada yang menjual MinyaKita 1 dus sekaligus yang berisi 12 kemasan 1 liter, seharga Rp260.000. Artinya, per kemasan dihargai sekitar Rp21.600 per liter.


 

Lalu ada juga yang menjual Minyakita dalam jerigen berkapasitas 20 liter, seharga Rp340.000 atau Rp17.000 per liter. Produk yang terakhir ini bahkan sudah terjual lebih dari 5.000 jerigen.

Pada saat peluncuran, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Minyakita memang bisa dibeli selain di Warung Pangan, Gurih, dan mitra-mitra mereka. Namun, harganya harus tetap mengikuti HET dan pembelian dilakukan menggunakan PeduliLindungi atau KTP.
 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.