Kompas TV nasional politik

Jelang 2024 Nasdem Yakin Elektabilitas Ganjar dan Anies Tak Akan Tergoyahkan

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 06:10 WIB
jelang-2024-nasdem-yakin-elektabilitas-ganjar-dan-anies-tak-akan-tergoyahkan
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya. (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Partai Nasional Demokrat yakin elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan akan tetap tinggi sebagai calon presiden 2024. Keyakinan ini berdasarkan hasil survei berbagai lembaga yang selalu menempatkan keduanya di tiga besar tokoh dengan elektabilitas paling tinggi.

“Sejauh ini tidak akan tergoyahkan,” ujar Ketua DPP Partai Nasiona Demokrat Willy Aditya di Jakarta, Kamis (7/7/2022), sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV, Gahniyar Febrian.

Willy menyatakan Partai Nasiona Demokrat bersyukur atas keunggulan elektabilitas Ganjar dan Anies, yang merupakan dua tokoh yang bakal direkomendasikan Nasdem sebagai calon presiden.

Baca Juga: Pimpinan MPR RI Silaturahmi ke PPP dan Partai NasDem

Seperti diketahui, hasil Rakernas Partai Nasdem Juni lalu telah memutuskan merekomendasikan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Andika Perkasa sebagai calon presiden yang bakal diusung Nasdem.

Dia menyatakan Nasdem ingin menjadi jembatan aspirasi publik yang memang meninginkan ketiga tokoh tersebut menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia.

“Nasdem selalu ingin menjadi jembatan aspirasi publik. Ganjar dan Anies itu yang jadi keinginan aspirasi publik, di luar Pak Andika faktor kualitatif,” ungkapnya.

Baca Juga: Soal Nama Cawapres untuk Prabowo di Pilpres 2024, Gerindra: Tunggu Akhir Juli


 

Sebelumnya Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengatakan akan menjajaki komunikasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait nama bakal calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Pasalnya, dari tiga nama bakal capres yang diusulkan Partai NasDem untuk Pilpres 2024, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP.

“Komunikasi akan diarahkan ke sana. Komunikasi akan dibangun di sana. Kami kan sedang dalam penjajakan,” ucap Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate dalam wawancaranya dengan jurnalis KOMPAS TV, Leo Taufik, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Diusulkan Jadi Bakal Capres Nasdem, PDIP: Itu Gimmick | Rosi

Sebagaimana diberitakan KOMPAS TV, dalam Rakernas Partai NasDem pekan lalu, ada tiga nama yang direkomendasikan menjadi bakal capres 2024.

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diucapkan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebagai rekomendasi yang pertama sebagai bakal capres pada Pilpres 2024. Kemudian Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

Anies Baswedan sebagaimana diketahui, belum bergabung dengan partai politik mana pun dan masih menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Begitu pun dengan Andika Perkasa, yang saat ini masih tercatat aktif sebagai anggota TNI dan bertugas sebagai Panglima TNI.

Sementara Ganjar Pranowo, selain masih bertugas sebagai Gubernur Jawa Tengah, langkahnya menjadi capres sangat ditentukan oleh hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.