Kompas TV nasional peristiwa

PGI Minta Pemerintah Buat Tim Investigasi Independen Usut Penyerangan KKB di Nduga Papua

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 13:47 WIB
pgi-minta-pemerintah-buat-tim-investigasi-independen-usut-penyerangan-kkb-di-nduga-papua
Proses evakuasi jenazah warga sipil yang menjadi korban kekejaman teroris KKB di Kabupaten Nduga, Papua oleh petugas gabungan TNI-Polri, Sabtu (16/7/2022). (Sumber: TribunPapua.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) pemerintah membentuk tim investigasi independen terkait penyerangan kelompok bersenjata di Kampung Nogolait, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu, 16 Juli 2022.

Pasalnya, 12 warga sipil telah menjadi korban tewas hingga luka berat, termasuk Pdt. Eliaser Baner (54) Pendeta Gereja Kemah Injil Indonesia.

Demikian Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian PGI Pdt. Henrek Lokra dalam keterangan tertulisnya kepada KOMPAS TV, Senin (18/7/2022).

“Untuk melakukan investigasi komprehensif terhadap kejadian pembunuhan masyarakat sipil di Kampung Nogolait, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua,” kata Henrek.

Baca Juga: Soal Serangan KKB Tewaskan 10 Warga, Pemerintah Disarankan Segera Evaluasi Pendekatan Keamanan Papua

PGI yang berbelasungkawa atas meninggalnya masyarakat sipil hingga Pdt. Eliasar Baner, juga mendorong gereja–gereja di Tanah Papua untuk terus melakukan upaya kemanusiaan.

“Sebagaimana perlu untuk masyarakat Kampung Nogolait, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga dan di sekitarnya,” ujarnya.


 

Dalam keterangannya, Henrek juga mendorong TNI/Polri untuk dapat melakukan upaya pencegahan atas kemungkinan terjadinya tindakan pembunuhan serupa ke depan.

“Dan bersama dengan seluruh elemen masyarakat menciptakan masyarakat damai dengan pendekatan kultural,” ucap Henrek.

“Kami mendorong koalisi kemanusiaan untuk terus melakukan upaya sebagaimana diperlukan dalam rangka mengungkapkan fakta dan advoaksi kemanusiaan di Tanah Papua ke depan.”

Baca Juga: 8 Jenazah Korban Penyerangan KKB di Papua Dipulangkan ke Kampung Halaman Masing-masing Hari Ini

Sebagaimana diberitakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan serangan pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Serangan KKB mengakibatkan 10 orang korban tewas dan 2 lainnya kritis, termasuk Pdt. Eliaser Baner (54) Pendeta Gereja Kemah Injil Indonesia.

Korban diduga meninggal akibat penembakan dalam peristiwa penyerangan dari kelompok bersenjata, di Kampung Nogolait, Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu, 16 Juli 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x