Kompas TV nasional hukum

Jadi Tersangka Kasus Penistaan Agama, Ini Daftar 7 Kontroversi Roy Suryo, Ada Gelar Dewa Panci

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 17:17 WIB
jadi-tersangka-kasus-penistaan-agama-ini-daftar-7-kontroversi-roy-suryo-ada-gelar-dewa-panci
Roy Suryo. Pada Jumat (22/7/2022), mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama. Berikut daftar kontroversi Roy Suryo di media sosial yang paling populer. (Sumber: Kompas/Yuniadhi Agung)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Sosok Roy Suryo kembali menjadi pusat perhatian publik. Hal ini menyusul ditetapkannya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini sebagai tersangka atas kasus penistaan agama terkait unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo.

Kasus ini menambah daftar kontroversi Roy Suryo.

Berikut sejumlah kontroversi yang pernah menyangkut sosok Roy Suryo:

1. Tak hafal lirik lagu Indonesia Raya

Video Roy Suryo yang masih berseliweran media sosial hingga saat ini adalah saat dia lupa menyanyikan lirik lagu Indonesia Raya. Saat itu Roy Suryo tengah menonton pertandingan sepak bola di Stadion Maguwo, Sleman, pada Agustus 2013.

Dia ketahuan salah lirik lagu Indonesia Raya. Roy Suryo yang saat itu masih menjabat Menpora mengajak suporter menyanyikan lagu Indonesia Raya demi menenangkan suasana karena ada kericuhan. Namun lagu yang dinyanyikan justru salah.

2. Punya gelar Dewa Panci

Kontroversi ini terjadi saat Roy Suryo menjabat Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. Saat itu, Roy dikabarkan menggondol panci, perabotan dapur, dan sejumlah peralatan milik negara setelah turun takhta dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Roy disebut-sebut membawa pulang ribuan barang milik Kementerian Pemuda dan Olahraga yang akhirnya diminta untuk dikembalikan dengan jumlah perabotan sebanyak 3.226 unit.


Perintah agar Roy mengembalikan aset negara itu tercantum dalam surat nomor 523/SET.BII/V/2018 tertanggal 1 Mei 2018.

Eko Kuntadhi dan Mazdho Pray kemudian memberi gelar Roy Suryo 'Dewa Panci'. Tidak terima, Roy melaporkan kedua pegiat media sosial itu ke Polda Metro Jaya. Julukan itu membuat Roy jadi bulan-bulanan netizen.

Kasus 'Dewa Panci' akhirnya berjalan hingga meja hijau. Namun pada 2019, kasus itu dinyatakan telah selesai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Baca Juga: Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

3. Baliho Jungkir Balik

Saat mencalonkan diri jadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat Dapil DIY pada Pemilu 2019 lalu, Roy Suryo membuat promosi berupa baliho yang fotonya terbalik. Baliho tersebut kemudian mengundang perhatian publik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x