Kompas TV nasional aiman

Fakta Baru dari Keluarga Yosua

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 07:10 WIB
fakta-baru-dari-keluarga-yosua
AIMAN berhasil mewawancarai keluarga Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di kediamannya. Ada fakta terungkap dalam wawancara tersebut. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Hariyanto Kurniawan

Dua jam perjalanan dengan medan yang cukup berat dari Kota Jambi menuju ke Sungai Bahar di Kabupaten Muaro Jambi. Jaraknya hanya berkisar di bawah 100 kilometer, tetapi medan yang harus dilalui cukup menantang. Saya pun berhasil mewawancarai ayah sekaligus ibu Brigadir Yosua yang belum pernah diwawancarai sebelumnya.

Perjalanan saya dimulai dari Kota Jambi. Saya menyusuri Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalintim), dari Kota Jambi menuju ke arah selatan Pulau Sumatera. Saya bersama dengan tim dari program AIMAN, sebuah acara di Kompas TV yang tayang setiap Senin pukul 20.30 WIB malam hari.

40 Kilometer dengan Jalan yang Mengocok Isi Perut

Setelah sekitar 40 Kilometer menyusuri Jalan Lintas Timur Sumatera yang mulus aspalnya, saya berbelok ke wilayah eks transmigrasi menuju ke arah Kecamatan Sungai Bahar di Kabupaten Muaro Jambi. Dari sinilah "perjuangan" dimulai.  

Sekitar 40-50 kilometer berikutnya, saya harus menyusuri jalan dengan medan sebagian tanah dan sebagian lagi aspal yang rusak dan berlubang. Betul-betul mobil dan isi perut terkocok maksimal. Terkadang hingga keringat dingin muncul, akibat rasa mual yang coba ditahan.

Beruntung kami semua sudah makan terlebih dahulu, bisa dibayangkan masuk ke wilayah jalan ini, dengan perut kosong.

Setelah menyusuri jalanan, melewati lembah, sungai, dan sumur eksplorasi pertamina, maka tibalah kami di sebuah kota kecil di tengah kampung eks transmigrasi yang bernama Kecamatan Sungai Bahar.

Wawancara di Rumah Guru SD

Di sini, kami melihat sebuah kompleks Sekolah Dasar. Di kompleks inilah, ada sebuah rumah yang ditinggali oleh seorang guru Sekolah Dasar, yang bernama Rosti Simanjuntak. Rosti sudah puluhan tahun jadi Guru SD 074 Sungai Bahar. 

Rosti pula adalah ibunda dari Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat. Setelah saya bicara, dia bersedia untuk saya wawancara. Kala itu, tidak hanya Rosti, tapi seisi rumah mungil Guru SD di lingkungan sekolah ini, ada pula sejumlah Bibi Yosua, lengkap dengan adik dan kakaknya. Yosua adalah putra kedua.

Yosua memiliki satu kakak perempuan, dan dua adik, masing-masing perempuan dan laki-laki. Adik laki-laki bungsunya Reza Hutabarat, juga merupakan anggota polisi, yang baru saja dipindahkan untuk bertugas di Polda Jambi. 

Berkeliling di Rumah & Temukan Foto Brigadir Yosua

Saya melihat beberapa kali, Reza membantu bibi dan ibunya untuk berkoordinasi dengan keluarga. Sesekali Reza juga membantu menenangkan sang ibu yang masih terus dirundung kesedihan. 

Saya berkeliling di rumah keluarga Brigadir Yosua, melihat satu per satu foto mendiang Yosua. 

Ada satu foto yang membuat saya tersentak, saat dia memegang senapan otomatis laras panjang lengkap dengan rangkaian pelurunya menjulang panjang. Saya tanyakan ke ayahnya soal foto ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x