Kompas TV regional berita daerah

Pertama Kali Terjadi, Ini Alasan Satu dari Lima Wakil Rektor UGM dari Luar Kampus

Kompas.tv - 29 Juli 2022, 17:40 WIB
pertama-kali-terjadi-ini-alasan-satu-dari-lima-wakil-rektor-ugm-dari-luar-kampus
Rektor UGM Ova Emilia melantik lima wakil rektor baru periode 2022-2027 di Balai Senat Gedung Pusat UGM, Jumat (29/7/2022). (Sumber: dok Humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia melantik lima wakil rektor baru periode 2022-2027 di Balai Senat Gedung Pusat UGM, Jumat (29/7/2022). Namun, ada hal berbeda dari pelantikan wakil rektor UGM kali ini.

Salah satu dari lima wakil rektor UGM yang dilantik bukan berasal dari lingkungan kampus UGM. Ova Emilia beralasan ini mengombinasikan kalangan akademisi dan praktisi di jajaran pimpinan UGM.

“Ini pertama kali UGM membuat terobosan, sinergi dari dua kekuatan ini harapannya akan menjadi daya dorong transformasi untuk membangun negeri tanpa menanggalkan keutamaan jati diri UGM, dalam mewujudkan pendidikan transdisiplin yang unggul, inovatif, inklusif, dan aplikatif,” ujarnya dalam sambutan pelantikan wakil rektor UGM.

Baca Juga: Baru Dilantik Jadi Rektor UGM 2022-2027, Ova Emilia Sudah Dapat ‘Tantangan’ dari Mensesneg Pratikno

Kalangan praktisi dari luar kampus UGM yang dimaksud Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama Ignatius Susatyo Wijoyo.

Ova menilai pemilihan figur praktisi tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan reputasi akademik yang unggul melalui penelitian translasional yang inovatif, produktif dan berdampak bagi masyarakat.

Ia menegaskan UGM memiliki tantangan besar untuk menghadapi kompleksitas perubahan lingkungan di masa depan.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH), UGM bukan entitas tunggal, melainkan institusi akademik dengan tiga atau empat darmanya.

Karakter yang kuat ini menjadi tantangan tersendiri bagi UGM agar mampu memberdayakan entitas tersebut menjadi potensi besar untuk menggapai visi misi.

Oleh karena itu, perubahan tata kelola dalam periode kepemimpinan ini menjadi sebuah kebutuhan untuk membawa UGM menjadi organisasi yang lebih dinamis dan produktif.


Selain Igantius Susatyo Wijoyo, keempat wakil rektor UGM periode 2022-2027 yang dilantik pada hari ini, meliputi, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Wening Udasmoro, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni, Arie Sujito, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan, Supriyadi, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Arief Setiawan Budi Nugroho.

Baca Juga: Raih Jumlah Suara Tertinggi, Dekan FKKMK Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM 2022-2027

Kelima Wakil Rektor yang baru ini menggantikan para wakil rektor UGM periode 2017-2022, yakni Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi, Supriyadi, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ika Dewi Ana, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Bambang Agus Kironoto, dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna Sugarda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.