Kompas TV internasional kompas dunia

Kongo Kaji Penarikan Pasukan Perdamaian PBB Usai 36 Orang Tewas, tapi TNI yang Bertugas Dipuji

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 05:33 WIB
kongo-kaji-penarikan-pasukan-perdamaian-pbb-usai-36-orang-tewas-tapi-tni-yang-bertugas-dipuji
Presiden RD Kongo, Felix Tshisekedi. Pemerintah  Republik Demokratik Kongo yang beribukota di Kinshasa mengumumkan akan mengkaji kembali kehadiran pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB  setelah protes terhadap pasukan di timur negara itu menewaskan sedikitnya 36 orang (Sumber: Ludovic Marin, Pool via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KINSHASA, KOMPAS.TV — Pemerintah Republik Demokratik Kongo yang beribukota di Kinshasa mengumumkan akan mengkaji kembali kehadiran pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB  setelah protes terhadap pasukan di timur negara itu menewaskan sedikitnya 36 orang, seperti laporan Associated Press, Selasa, (2/8/2022).

Pada protes itu, 3 tentara PBB tewas, dua berasal dari India dan seorang dari Maroko.

Indonesia, seperti laporan PBB per bulan Mei 2022, menggelar total 1.042 pasukan Kontingen Garuda dalam pasukan perdamaian Monusco di Kongo yang terdiri dari 1.025 prajurit TNI, 7 tenaga ahli, 6 perwira staf TNI, dan 4 polisi.

Pasukan perdamaian Indonesia sejauh ini dilaporkan memiliki citra dan adab sangat baik di warga setempat, bahkan dilaporkan presiden Tshisekedi memuji dan berterima kasih.

Dari jumlah tersebut, seorang prajurit, Kopda Jarot Budi Utomo gugur meninggal dunia bulan Mei lalu karena sakit.

Secara total, PBB menggelar sekitar 14.000 tentara pasukan perdamaian di Kongo-Kinshasa, berasal dari 61 negara yang berpartisipasi dalam Monusco.

Presiden Republik Demokratik Kongo Félix Tshisekedi memimpin pertemuan krisis ketika demonstrasi meningkat menjadi kekerasan usai penjaga perdamaian PBB menembaki warga sipil, menewaskan tiga orang, di Kasindi, sebuah pos perbatasan timur dengan Uganda.

Selain kematian di Kasindi, warga lain juga tewas di kota timur Goma, Butembo, Uvira dan Kanyabayonga, kata juru bicara pemerintah Patrick Muyaya dalam sebuah pernyataan hari Selasa.

Muyaya mengatakan pemerintah RD Kongo sudah berkonsultasi dengan kelompok-kelompok sipil di daerah yang terkena dampak dan "penduduk membuat permintaan yang jelas: bahwa (ingin) melihat (penjaga perdamaian PBB) meninggalkan Kongo," katanya.

Baca Juga: Rusuh dan Unjuk Rasa anti Pasukan PBB di Goma, DR Kongo, 3 tentara perdamaian PBB dan 12 Sipil Tewas

Pasukan perdamaian PBB Monusco asal Indonesia berbicara dengan warga setempat di desa Mpakise, wilayah Shabunda, South Kivu, 15 Juli 2022 (Sumber: Twitter/Monusco)

Presiden Kongo mengatakan dia sudah berbicara dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang menyatakan belasungkawa yang mendalam setelah pembunuhan di pos Kasindi, menurut pernyataan itu.

Tshisekedi mengatakan dia sangat tidak setuju dengan perilaku pasukan penjaga perdamaian PBB dan mengatakan kepada sekretaris jenderal PBB, mereka yang bersalah atas kekerasan itu harus dihukum berat.

Guterres menyerukan penegakan hukum dan keadilan pada akhir pekan usai aksi unjuk rasa yang berujung pada penembakan.

Pemerintah Kongo akan mengadakan pertemuan dengan misi PBB untuk membahas kemungkinan penarikan pasukan PBB, kata Muyaya dalam pernyataannya.

Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk pertemuan tersebut.

Pasukan PBB di Kongo, yang dikenal sebagai MONUSCO, memiliki sekitar 16.000 personel berseragam tetapi belum berhasil menstabilkan wilayah timur yang bergejolak di negara itu.

Baru-baru ini pemberontak M23 melakukan banyak serangan.

Pasukan PBB ditarik dari dua provinsi Kongo, Kasai dan Tanganyika.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/United Nations

BERITA LAINNYA



Close Ads x