Kompas TV TALKSHOW b-talk

Wujudkan Target Indonesia Emas 2024, Pr Pemerintah Masih Banyak! (4) - BTALK

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:52 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah negara yang bagus berasal dari pendidikan yang bagus. Namun Indonesia dihadapkan dengan biaya pendidikan yang mahal sementara pertumbuhan penghasilan kecil. 

Berdasarkan data dari BPS, inflasi pendidikan ada di peringkat 5, di angka 0,2%. Namun pendidikan tidak diatur negara, yang diatur negara adalah porsi anggaran pendidikan besar.

Wartawan senior KONTAN, Titis Nurdiana mengatakan pendidikan Indonesia harusnya ada upaya pembangunan SDM berkualitas karena kebutuhan industri butuh unggulan yang siap kerja dan siap pakai.

Tapi kini masih berkutat dengan sistem yang belum ada dan belum terbentuk meski sistem vokasi sudah terbentuk dari 2 tahun lalu.

“Kita mengalami problema serius dalam penciptaan SDM, baik itu akademiisi maupun vokasi. Dari jumlah Perguruan Tinggi terbatas yang punya kualitas mumpuni. Dari program vokasi selama 2 tahun ini belum memenuhi harapan industri.

Begitu juga dari pertumbuhan gaji yang harusnya menjawab tantangan inflasi, nyatanya belum. PR yang harus diselesaikan pemerintah yang punya target Indonesia Emas 2024,” ujar Titis dalam program B-Talk di KompasTV.

Saksikan program B-Talk dalam episode” Biaya Pendidikan Ngebut, Gaji Orangtua Kalah Gesit” bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan bagian keempat.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x