Kompas TV nasional peristiwa

Roy Suryo Ditahan Terkait Kasus Penistaan Agama, Begini Tanggapan Kuasa Hukum Pelapor

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:52 WIB
roy-suryo-ditahan-terkait-kasus-penistaan-agama-begini-tanggapan-kuasa-hukum-pelapor
Momen saat Roy Suryo tertangkap kamera tengah tertawa dalam sebuah acara komunitas mobil. Akun Twitter @KRMTRoySuryo2 telah disita oleh penyidik kepolisian setelah Roy Suryo, tersangka kasus penistaan agama resmi ditahan sejak Jumat (5/8/2022) malam. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum pelapor Roy Suryo, Herna Sutana mengapresiasi kinerja Polda Metro Jaya yang telah melakukan penahanan terhadap tersangka kasus penistaan agama, Roy Suryo.

Penahanan Roy Suryo ini menjadi ganjaran usai mengunggah meme editan gambar Patung Siddhartha Gautama alias Sang Buddha menyerupai wajah Presiden Joko Widodo atau Jokowi disertai narasi yang dinilai melecehkan Patung Sang Buddha.

“Saya selaku kuasa hukum pelapor dan juga umat Buddha mengapresiasi setinggi-tingginya atas langkah yang telah dilakukan penyidik Krimsus Polda Metro Jaya, dalam hal ini siber Polda Metro Jaya,” kata Herna Sutana dalam keterangan yang diterima KOMPAS.TV, Jumat (5/8/2022) malam.

Baca Juga: Dijerat Pasal Berlapis, Roy Suryo Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Metro Jaya, serta Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Herna juga mengatakan bahwa kasus Roy Suryo ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat dalam bermedia sosial.

“Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati menggunakan media sosial,” lanjut Herna,

Diberitakan sebelumnya, Roy Suryo resmi ditahan sejak hari Jumat (5/8) usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Roy Suryo juga telah ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan bahwa penahanan ini dilakukan karena khawatir Roy Suryo akan menghilangkan barang bukti.

Baca Juga: Roy Suryo Resmi Ditahan Hari Ini, Polisi Sita Akun Twitter @KRMTRoySuryo2

"Mulai malam ini dilakukan penahanan. Hal ini dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti sebagaimana yang tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP,” jelas Zulpan.

Dalam kasus ini, Roy Suryo disangkakan Pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE  dengan ancaman paling lama enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar. 


Selain itu, Pasal 156 A KUHP dengan ancaman lima tahun penjara serta pasal 15 UU No 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan hukuman setinggi-tingginya dua tahun penjara.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x