Kompas TV religi beranda islami

Karena Hal Sepele Ini, Doa-doa Kita Mungkin Tidak Terkabulkan

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 11:12 WIB
karena-hal-sepele-ini-doa-doa-kita-mungkin-tidak-terkabulkan
Ilustrasi berdoa. (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Bisa jadi, karena hal sepele yang kita lakukan ketika berdoa ini, ternyata bisa menjadi sebab doa-doa kita belum dikabulkan oleh Allah SWT.

Padahal, doa adalah alat komunikasi langsung hamba kepada Allah SWT. Sebagai bentuk penerimaan diri sebagai makhluk kerdil di hadapan Allah yang Maha Segalanya.

Hal sepele ini terkadang tidak disadari, entah karena tidak faktor ketidaktahuan atau memang karena faktor lain yang membuat kita tanpa sengaja melakukannya ketika berdoa.   

Lantas, apa hal itu?

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan tentang ketergesa-gesaan dalam berdoa bisa jadi salah satu faktor yang membuat doa-doa yang kita panjatkan mungkin belum diterima.

“Akan dikabulkan doa kalian selama tidak tergesa-gesa, yaitu ia berkata, ‘Aku telah berdoa tapi tidak dikabulkan.’” (HR. Bukhari).

Untuk itulah, baiknya ketika berdoa baiknya memantapkan hati untuk meminta yang terbaik kepada-Nya. Tidak tergesa-gesa, baik ketika berdoa ataupun minta sesegera mungkin dikabulkan. 

Mintalah kepada Allah dalam berdoa dengan hikmat dan tidak menuntut untuk segera mendapatkan jawaban secara langsung.

Sebab, terkabulkannya doa adalah milik Allah SWT dan manusia seperti kita tugasnya adalah berdoa dan ikhtiar, meminta yang terbaik dari-Nya. 

“Tidaklah seorang muslim meminta suatu permintaan kepada Allah kecuali akan Allah kabulkan permintaan itu, baik dikabulkan segera atau Allah simpan kebaikan itu dan diberikannya di akhirat.” (HR Ahmad).

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad, Dibaca agar Rezeki Tidak Seret

Etika Berdoa 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.