Kompas TV entertainment film

Banyak Adegan Cahaya Kelap-Kelip, Netizen Minta "Pengabdi Setan 2" Tambahkan Flash Warning

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:53 WIB
banyak-adegan-cahaya-kelap-kelip-netizen-minta-pengabdi-setan-2-tambahkan-flash-warning
Netizen ramai-ramai tanda tangani petisi penggunaan Flash Warning untuk film Pengabdi Setan 2: Communion. (Sumber: Change.org)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyusul larisnya film Pengabdi Setan 2: Communion, netizen meminta adanya peringatan cahaya kelap-kelip alias flash warning.

Permintaan ini diusulkan melalui petisi yang tayang di laman Change.org dan diinisiasi oleh komunitas film Cinefoxx ID.

Menurut Cinefoxx ID, penggunaan flash warning dinilai penting karena film garapan Joko Anwar ini memiliki banyak adegan dengan flashing lights atau cahaya kelap-kelip.

Baca Juga: Rusun "Pengabdi Setan 2: Communion" Ditutup, Ada Apa?

“Sebagai orang yang sudah menonton film ini, saya merasa bahwa film ini perlu menambahkan sebuah peringatan akan penggunaan flashing lights (cahaya kelap-kelip) yang begitu banyak di dalam filmnya,” demikian pernyataan dari Cinefoxx ID.

Cahaya kelap-kelip yang dimunculkan berpotensi menimbulkan kejang-kejang atau epilepsi bagi penonton yang sensitif akan cahaya kelap-kelip.

Penonton yang sensitif dengan cahaya ini akan merasa pusing saat menonton film yang menampilkan cahaya kelap-kelip.

Oleh karena itu, melalui petisi ini, Cinefoxx ID mengajak pihak studio Pengabdi Setan 2, yakni Rapi Films, untuk menambahkan flash warning di bioskop.

“Peringatan ini bertujuan sebagai langkah preventif demi kenyamanan para penonton di dalam studio bioskop nanti,” jelas Cinefoxx ID.

Kabar baiknya, permintaan penambahan flash warning ini langsung dikabulkan oleh Rapi Films.

Baca Juga: 5 Fakta Observatorium Bosscha, Lokasi yang Muncul di Film Pengabdi Setan 2 dan Petualangan Sherina

Lewat akun Twitternya, Rapi Films mengumumkan bahwa mulai hari ini, Selasa (9/8/2022), Pengabdi Setan 2: Communion akan menambahkan flash warning di seluruh bioskop yang menayangkan film tersebut.

Mohon perhatian. Film ini menggunakan efek lampu flash dan strobo yang bisa menimbulkan kekambuhan pada penderita epilepsi photosensitive,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Joko Anwar sendiri juga mengonfirmasi bahwa flash warning ini sudah ditambahkan di bioskop per hari ini.

“Hari ini kami sudah memasang flash warning di bioskop seluruh Indonesia,” kata Joko Anwar, seperti diberitakan Kompas.com.

Baca Juga: "Pengabdi Setan 2" Raih 2 Juta Penonton dalam 4 Hari, Kalahkan Rekor "KKN di Desa Penari"?

Sebelum adanya flash warning, Joko Anwar bilang bahwa sejauh ini tidak ada kasus yang disebabkan karena flashing lights atau cahaya kelap-kelip di sepanjang film.

“Sejauh ini belum ada kasus, tapi ini harus dilakukan karena memang sudah seharusnya,” tegas Joko Anwar.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x