Kompas TV entertainment film

Ramai Teori Konspirasi di Pengabdi Setan 2, Joko Anwar: Ada Beberapa yang Benar, tapi

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:53 WIB
ramai-teori-konspirasi-di-pengabdi-setan-2-joko-anwar-ada-beberapa-yang-benar-tapi
Sutradara Joko Anwar tanggapi teori konspirasi tentang Pengabdi Setan 2: Communion. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyusul larisnya film Pengabdi Setan 2: Communion, sejumlah teori konspirasi yang melingkupi film horor garapan Joko Anwar itu pun ramai diperbincangkan.

Sejumlah teori konspirasi Pengabdi Setan 2, seperti sekte Herosase dalam film Pintu Terlarang (2009), Ramalan di film Kala (2007), senjata penyiksa pear of anguish, hingga perempuan hamil bernasib buruk di setiap film Joko Anwar.

Sosok Batara dan Darminah, foto Konferensi Asia Afrika, teka-teki 17 April, misteri Wisnu, juga menjadi pembahasan dari teori konspirasi yang dihubungan dengan film tersebut.

Baca Juga: Adegan Banjir di Pengabdi Setan 2 Bukan CGI, Joko Anwar: Butuh 30 Mobil Tangki Air!

Sang sutradara pun menanggapi berbagai teori konspirasi yang muncul. Joko Anwar memastikan bahwa ada beberapa teori yang benar.

Namun, dia enggan membeberkan teori konspirasi yang benar karena akan mematikan imajinasi penonton.

“Aku sebagai filmmaker sebaiknya tidak memberitahu mana yang benar dan mana yang tidak benar, karena ini akan mematikan imajinasi orang,” ucap Joko Anwar, Selasa (9/8/2022), seperti diwartakan Kompas.com pada Kamis (11/8).


 

“Jadi, yang bisa dipastikan adalah, ada beberapa dari teori konspirasi tersebut yang benar, tapi aku tidak punya hak untuk membuka rahasia mana yang benar, mana yang tidak,” imbuhnya.

Menurut Joko Anwar, teori konspirasi yang muncul merupakan hak para penonton untuk mengembangkan cerita sesuai imajinasi mereka.

Baca Juga: Tembus 3 Juta Penonton, Ini Daftar Negara Tetangga yang Bakal 'Diteror' Pengabdi Setan 2: Communion

Pun soal kesinambungan antara film Joko Anwar yang diduga akan menciptakan sebuah universe atau semesta, Joko Anwar juga menyerahkan semuanya kepada penonton untuk menyimpulkan sendiri.

"Karena, kalau konfirmasi, ini artinya akan menghentikan imajinasi. Untuk saat ini, akan dibebaskan penonton untuk menyimpulkan sendiri," tutur Joko Anwar.

Namun demikian, Joko Anwar berjanji akan memberikan kebenaran dari deretan teori konspirasi dan dugaan adanya universe ini.

“Tapi, tentunya saya punya kebenaran yang akan saya buka nanti,” pungkasnya.

 


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x