Kompas TV nasional peristiwa

Buick-8, Mobil Kepresidenan Indonesia Pertama yang Digunakan Soekarno

Kompas.tv - 13 Agustus 2022, 17:14 WIB
buick-8-mobil-kepresidenan-indonesia-pertama-yang-digunakan-soekarno
Buick, mobil dinas pertama Presiden Soekarno, dipamerkan dalam pameran mobil kepresidenan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI, di Gedung Sarinah, Jakarta hingga 31 Agustus 2022. (Sumber: ANTARA/Fathur Rochman)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istana Kepresidenan menggelar pameran mobil kepresidenan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI).

Sebanyak tujuh mobil kepresidenan Indonesia dari masa ke masa berjejer rapi dalam pameran yang digelar di Gedung Sarinah, Jakarta hingga 31 Agustus 2022.

"Ada tujuh kendaraan kepresidenan yang dipamerkan, mulai dari kendaraan Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo," ujar Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan di pameran tersebut, Sabtu (13/8/2022), seperti dilansir Antara.

Salah satu yang menjadi primadona adalah Buick seri 8, mobil kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan digunakan oleh Presiden Soekarno.

Buick-8 merupakaan kendaraan buatan Amerika Serikat pada 1939 dengan kapasitaas mesin 5247 cc.

Eksteriornya berwarna hitam dengan gril besar pada bagian depan. Sementara interiornya didominasi material kain berwarna cokelat yang membalut bagian kursi dan atap kabin.


Baca Juga: Mengenal W124 MBCI Motor Sport Hingga Perbedaan Perawatan Mesin Mobil Balap dengan Mobil Klasik!

Yang unik, terdapat kaca besar yang menjadi pembatas antara kursi baris depan dan belakang. Kaca tersebut dapat dibuka dengan menggunakan tuas putar.

Buick-8 merupakan kendaraan yang digunakan Presiden Soekarno dalam rentang tahun 1945-1949. Buick-8 tergolong tipe Limited-8. Di eranya, mobil ini juga terbilang tangguh.

Erry mengatakan mobil yang telah berusia 83 tahun itu masih terawat dengan baik dan dapat beroperasi.

"Ini masih bisa jalan," ujar dia pada Sabtu.

Baca Juga: Tips & Trik Menang Lomba HUT RI - POP NEWS

Mercedes-Benz S280 yang digunakan oleh Presiden Soeharto dipamerkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI) di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). (Sumber: ANTARA/Fathur Rochman)

Selain Buick-8, terdapat sejumlah mobil kepresidenan lain yang dipamerkan, seperti Mercedes-Benz S280 berkelir putih yang digunakan oleh Presiden Soeharto, Ibu Negara Tien Soeharto, Presiden BJ Habibie, dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Kemudian dua unit Cadillac Fleetwood Brougham yang pernah menjadi kendaraan Presiden BJ Habibie. Sebelumnya, mobil produksi tahun 1980 itu digunakan sebagai kendaraan operasional untuk tamu negara dan duta besar.

Mobil kepresidenan era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono diwakili oleh Mercedes-Benz S-Class W140 tahun 1998. Mobil tersebut juga sempat digunakan oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Terakhir, Mercedes-Benz Sedan S600 Guard yang merupakan kendaraan kepresidenan era Presiden SBY dan Presiden Joko Widodo.

Erry mengatakan, mobil keluaran tahun 2008 itu hingga saat ini masih aktif digunakan sebagai kendaraan operasional Jokowi.

Selain mobil kepresidenan, pameran tersebut turut memamerkan arsip-arsip kepresidenan seperti dokumentasi foto dan video negara yang masyarakat mungkin belum pernah melihatnya.

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.