Kompas TV video vod

Sudah ada 2 Koalisi Partai Politik, Manakah yang Pertama Mengajukan Nama Capres-Cawapres?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:22 WIB

Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Penutupan Rapimnas Gerindra pada Sabtu  13 Agustus 2022 berakhir dengan terbentuknya satu koalisi baru antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

Koalisi ini menjadi koalisi kedua yang akan berkompetisi pada pemilu presiden pada 2024 mendatang.

Dengan kesediaan Prabowo maju menjadi capres, akankah koalisi Gerindra-PKB menjadi koalisi pertama yang mengajukan nama calon presiden?

Puji-pujian terlontar dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam pidato politiknya di hadapan ribuan kadernya di arena penutupan rapimnas yang digelar pada Sabtu, 13 Agustus kemarin.

Pujian ini disampaikan prabowo di tengah isu yang menyebut Prabowo menjadi salah satu sosok yang direstui Presiden Jokowi untuk maju di Pemilu serentak.

Namun kejutan di Rapimnas Gerindra tak berhenti di pujian pada Presiden Jokowi.

Rapimnas Partai Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center juga menghasilkan satu keputusan besar yakni jalinan koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

Selain koalisi Gerindra-PKB, Koalisi Indonesia Bersatu yang terdiri dari gabungan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional atau PAN dan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP telah lebih dahulu terbentuk.

Walaupun janji berjalan bersama telah tertaut dalam jalinan koalisi, hingga kini belum ada satu partai pun yang sudah sepakat mengusung nama calon yang akan maju dalam gelanggang pilpres.

Kini, dengan kesediaan Prabowo maju menjadi capres di Pemilu 2024 dan juga Muhaimin Iskandar yang menjadi figur sentral, akankah koalisi Gerindra dan PKB mengumumkan capres untuk 2024 terlebih dahulu? 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x