Kompas TV video vod

Waw! Intip Serunya Cicipi Kopi Berkualitas di Festival Kopi Brasil

Kompas.tv - 14 Agustus 2022, 18:47 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

BRASIL, KOMPAS.TV - Kualitas biji kopi Brasil seakan tak perlu diragukan lagi bagi pecinta kopi. Brasil adalah produsen kopi terbesar di dunia.

Ada sekitar 200.000 perkebunan kopi dari semua ukuran di negara ini. Salah satunya adalah Goiabal, perkebunan kopi yang terletak di Bom Jardim 150 kilometer timur laut Kota Rio De Janeiro.

Fasilitas utamanya tentu biji kopi yang digunakan untuk jenis kopi spesial mendapatkan perlakuan yang berbeda. Biji-biji kopi ini disortir satu per satu dengan tangan bukan dengan mesin.

Sementara itu di Rio De Janeiro, festival kopi populer menyatukan masyarakat, produsen kopi, pemilik kedai kopi spesial  hingga para profesional kopi.

Festival Kopi Rio ini diadakan setidaknya empat kali dalam setahun. Namun seiring waktu, festival ini menjadi saksi evolusi pembuatan kopi dan konsumsi kopi hingga munculnya beragam kopi spesial jenis terbaru.

Kopi spesial membutuhkan setidaknya nilai 80 untuk diberi label "sangat baik", dengan tingkat keasaman, fisik kopi, hingga cita rasa, dan aroma yang khas. Semua produsen peserta festival harus mempelajari persyaratan ini untuk mencapai nilai tinggi jika ingin mendapat kategori kopi spesial.

Festival Kopi Rio kembali digelar pada 13-14 Agustus 2022 dan diharapkan dapat menarik ribuan peminum kopi dan calon pembeli kopi spesial dari seluruh belahan dunia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.