Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Imbau KIB Tak Lahirkan Capres yang Mendukung Politik Identitas

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 18:40 WIB
pengamat-imbau-kib-tak-lahirkan-capres-yang-mendukung-politik-identitas
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di KPU RI. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi mengimbau kepada jajaran partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk tak melahirkan capres yang mendukung politik identitas.  

Ia berharap, KIB bisa mempertemukan calon-calon presiden untuk diuji tentang kemampuan mereka serta visi dan misi mereka.

Baca Juga: Daftar Bersamaan ke KPU, Koalisi Indonesia Bersatu Tegaskan Bawa Misi Politik Gagasan
 
"Sisi positifnya, memang figur yang populis bisa menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Namun sisi negatifnya, calon populis ini biasanya membawa politik identitas," kata Airlangga seperti dikutip dari Antara, Senin (15/8/2022). 
 
Ia menghargai pernyataan para ketua umum parpol KIB yang menghilangkan politik identitas, karena politik identitas hanya akan memecah belah bangsa ini.
 
"Untuk itu penguatan ekonomi penting di sini, karena mereka yang memilih politik identitas ini sejatinya bukan kelompok miskin. Namun, mereka adalah kelas menengah, yang kepentingan dan kebutuhannya terancam," ujarnya.


 

Dia mengatakan jika kelas menengah kuat, maka akan mengeliminasi politik identitas yang sempat muncul pada pilpres sebelumnya.

"Saya yakin, dengan menghilangkan politik identitas, maka capres dari KIB nanti akan memiliki gagasan dan ide yang siap untuk bertarung di Pilpres mendatang," ujarnya. 

Selain itu, dirinya meminta capres dari KIB nanti mempunyai visi dan misi untuk meneruskan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Ia menilai visi dan misi yang disampaikan KIB bisa memperkuat demokrasi negara.

Baca Juga: Ketum PAN, Zulkifli Hasan Sebut KIB Masih Buka Peluang Bagi Parpol yang Ingin Bergabung

“Saya berharap KIB ini benar-benar mendorong pemimpin yang layak untuk memimpin negara ini. Saya juga berharap, ide, gagasan dan rasionalitas yang menjadi visi dan misi KIB menjadi matahari kesadaran dari politik Indonesia,” katanya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.