Kompas TV nasional peristiwa

HUT ke-77 RI, Anies: Tanggung Jawab Kita adalah Membalas Budi pada Negara

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 10:58 WIB
hut-ke-77-ri-anies-tanggung-jawab-kita-adalah-membalas-budi-pada-negara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke-77 RI di Monas, Rabu (17/8/22). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesi di Monas, Jakarta Pusat. 

Dalam sambutannya, Anies mengatakan bahwa sebagai orang-orang yang sudah merasakan manfaat kemerdekaan, kita harus membalas budi kepada negara. 

"Tanggung jawab kita sekarang adalah membayar balik kepada republik, menyampaikan tanggung jawab kita untuk membalas budi pada republik," kata Anies di Monas, Rabu (17/8/22). 

Baca Juga: Anies Pimpin Upacara Pengibaran Bendera HUT ke-77 RI di Monas, Bicara Kemerdekaan yang Hakiki

Anies mengatakan agar jangan pernah merasa bahwa kita menyumbang untuk negara dengan bekerja untuk negara.


 

"Yang menyumbang untuk republik adalah para pendiri republik ini, orang-orang yang bekerja mempertahankan republik ini," kata dia. 

Menurut Anies, menyumbang dan membalas budi bagi negara adalah tanggung jawab semua orang. 

Lebih lanjut, Anies juga menyebut Jakarta sebagai ekskalator peningkat kesejahteraan bagi jutaan orang yang datang ke kota ini dan memilih bekerja bertahun-tahun agar hidupnya berubah. 

"Kesejahteraan hadir, kemakmuran, kecerahan masa depan, kecerahan generasi berikutnya, itu semua diberikan kesempatannya oleh republik ini," kata Anies. 

Baca Juga: Di Momen HUT ke-7 RI, Wapres: Pulih Negeriku, Bangkit Bangsaku, Jayalah Indonesiaku, Merdeka!

Dua tahun lebih mengalami masa pandemi Covid-19, tema perayaan kemerdekaan ke-77 kali ini bertajuk "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

"Mari kita tunjukan bahwa Jakarta adalah sebuah kota yang bisa pulih lebih cepat dan insyaallah kita akan bangkit jauh lbh kuat daripada sebelum masa pandemi dulu," kata Anies. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x