Kompas TV video vod

Pecahkan Rekor MURI, Pengibaran Bendera Merah Putih di 77 Laut Dipersiapkan dalam Waktu 4 Hari!

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:00 WIB

Penulis : Aisha Amalia Putri

KEPULAUAN SERIBU, KOMPAS.TV - Pengibaran Bendera Merah Putih di 77 laut Indonesia memecahkan Rekor MURI. 

Pengibaran bendera di bawah laut ini sebagai  komitmen TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan laut Indonesia.

Merah Putih berkibar di 77 laut Indonesia dari Sabang hingga Merauke di batas utara, selatan, barat dan timur tanah air.

TNI Angkatan Laut memecahkan Rekor MURI.

828 penyelam yang terdiri dari personel TNI Angkatan Laut, Polri, Pemda, serta penyelam professional dari berbagai instansi ikut serta dalam misi ini.

Tak mudah dengan persiapan singkat selama empat hari, seluruh tim bekerjasama mempersiapkan diri dan perlengkapan pendukung yang bisa digunakan dari dasar laut.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan Lomba Jelajah Alam Dan Edukasi Anak

Para penyelam juga dilengkapi dengan alat bantu komunikasi agar bisa mendengarkan instruksi pemimpin upacara dan bisa berkomunikasi dengan pasukan di darat.

Kepala Staff Angkatan Laut, Laksamana TNI Ahmad Yudo Margono memimpin langsung upacara pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah laut di Pulau Putri, Kepulauan Seribu.

Prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut diawali dengan penyerahan bendera yang dilakukan kemarin.

Di kedalaman 10 hingga 14 meter di bawah laut, para penyelam mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di 77 laut Indonesia.

Momen ini sekaligus menunjukkan, luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan didalamnya yang harus tetap terjaga, sebagai bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x