Kompas TV nasional peristiwa

Teks Proklamasi & Bendera Pusaka Dibawa Duta Pancasila Naik Kereta Kencana Diiringi 14 Kuda ke Monas

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 19:29 WIB
teks-proklamasi-bendera-pusaka-dibawa-duta-pancasila-naik-kereta-kencana-diiringi-14-kuda-ke-monas
Dua anggota Purna Paskibraka sekaligus Duta Pancasila membawa Teks Proklamasi dan Bendera Pusaka menaiki kereta kencana Ki Jaga Rasa setelah Upacara Penurunan Bendera, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selepas Upacara Penurunan Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Jakarta, dua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Duta Pancasila membawa Teks Proklamasi dan Bendera Pusaka menaiki kereta kencana Ki Jaga Rasa, Rabu (17/8/2022) petang.

Sebagaimana disampaikan oleh pembawa acara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, dua PPI Duta Pancasila itu bernama Ardelia Mutia Zahwa dan Valentina Diastika.

Ardelia merupakan siswi SMA Harapan 1 Medan Sumatera Utara yang lahir pada 6 Desember 2004. Sedangkan Valentina merupakan siswi SMA N 1 Negare Bali yang lahir pada 25 November 2004.

Keduanya tampak duduk di dalam Kereta Kencana Ki Jaga Rasa yang berhenti di depan mimbar kehormatan.

Di atas mimbar itu, teks atau naskah proklamasi yang ditulis tangan Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dan duplikat Bendera Pusaka terpajang di atas meja.

Dua personel TNI kemudian menaiki tangga mimbar dan menyerahkan teks proklamasi serta duplikat Bendera Pusaka kepada Ardelia dan Valentina.

Baca Juga: Mengenal Ki Jaga Raksa, Kereta Kencana Pembawa Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi ke Istana

Mereka lantas kembali memasuki kereta kencana Ki Jaga Rasa yang ditarik oleh enam kuda bernama Gunung Kondo, Gunung Sinabung, Bunga Akasia, Bunga Seruni, Bunga Zinia, dan Bunga Rasida.

Kereta kencana itu juga dikawal 14 kuda. Sebanyak tujuh kuda berada di sebelah kanan dan tujuh kuda di sebelah kiri. Hal ini merupakan simbol 77 tahun usia Republik Indonesia.

Selanjutnya, pasukan berkuda dan kereta kencana melaju dari Istana Merdeka menuju Monas untuk mengembalikan naskah proklamasi dan duplikat Bendera Pusaka ke Ruang Kemerdekaan, Cawan Monumen Nasional.


Sebagaimana diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, dalam peringatan HUT Ke-77 RI tahun ini, teks proklamasi asli tulisan tangan Bung Karno kembali disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka.

Baca Juga: Naskah Asli Proklamasi akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka saat Upacara di Istana Merdeka

Kemarin, Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). 

“Ini adalah tahun ketiga Setpres bekerja sama dengan ANRI dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko dilansir dari keterangan pers Setpres, Selasa (16/8).

Sony mengatakan, Sekretariat Presiden akan segera mengembalikan naskah asli teks proklamasi kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.