Kompas TV regional berita daerah

Pemadam Kebakaran Bentuk Tim Khusus Penyelamat

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:50 WIB

Penulis : KompasTV Pekalongan

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebelumnya tugas pokok petugas Pemadam Kebakaran adalah memadamkan api saat peristiwa kebakaran, namun sejak tahun 2020 mereka diberi tanggung jawab lebih yaitu sebagai Tim Penyelamat Masyarakat.

 

Markas Pemadam Kebakaran di Kota Semarang, bahkan sejak tahun 2020 sudah membentuk tim penyelamat. Ada 30 petugas yang diberi tanggung jawab sebagai tim penyelamat. Dari 30 orang di bagi menjadi beberapa tim yang disiagakan selama 24 jam untuk selamatkan masyarakat dari ancaman seperti ular yang berada di rumah atau perkampungan, hewan buas atau ancaman tawon vespa hingga kesiagaan menolong orang tercebur di dalam sumur atau korban bencana lainnya.

 

Kepala Dinas kebakaran Kota Semarang agoes menegaskan secara keseluruhan ada 260 petugas PMK yang siaga untuk Kota Semarang dengan 20 unit armada. Namun karena keterbatasan anggaran, hanya 10 armada yang dioperasionalkan sementara 10 armada lainnya stand by di markas.

 

Petugas Pemadam Kebakaran yang ditugaskan sebagai tim penyelamat sudah di bekali kemampuan penyelamatan dan bersertifikat.

 

Tugas mereka juga sudah didukung dengan peralatan penyelamatan seperti gergaji pohon, beton, alat penghancur beton, alat menangkap ular, kostum anti sengatan lebah dan peralatan pendukung lainnya di segala medan.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x