Kompas TV internasional kompas dunia

Peringati Kemerdekaan RI ke-77 di Mauritius, Solidaritas Kebangsaan dari Tengah Samudra Hindia

Kamis, 18 Agustus 2022 | 05:05 WIB
peringati-kemerdekaan-ri-ke-77-di-mauritius-solidaritas-kebangsaan-dari-tengah-samudra-hindia
Sekitar 100-an warga negara Indonesia (WNI) merayakan hari kemerdekaan RI ke-77 di Mauritius, Senin (15/8/2022). Sejumlah acara digelar, di antaranya lomba tarik tambang. (Sumber: Rina Setyawati)
Penulis : Vyara Lestari

MAURITIUS, KOMPAS.TV - Kabar itu datang dari tengah Samudra Hindia, namun masuk wilayah Afrika Timur. Mauritius tepatnya.

"Dengan bangga kami merayakan 17 Agustusan sederhana namun bermakna,“ tutur Nurul Hasanah Purbaya, warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di pulau nan indah itu.

Bermakna, imbuh Nurul, karena diselenggarakan atas inisiatif segelintir WNI yang menetap disana.  

"Dari kita, untuk kita," katanya. 

Bertempat di Hotel Casa Florida, Senin (15/8/2022), sedikitnya 100 orang Indonesia merayakan kemerdekaan RI ke-77 dengan nasi tumpeng, masakan padang, serta kuliner Indonesia lainnya.

Nasi Tumpeng mewarnai perayaan kemerdekaan RI ke-77 di Mauritius, Senin (15/8/2022). (Sumber: Rina Setyawati)

"Juga ada lomba balap karung, lari kelereng, dan tarik tambang," katanya. 

Mereka sepakat mengenakan pakaian merah dan putih, serupa bendera Indonesia. Anak-anak dan kalangan dewasa, tanpa ragu, datang dengan warna merah putih yang sudah disepakati bersama. 

"Kami disini memang terkenal saling setia, satu sama lain,“ kata Rina Setyawati, Direktur Indian Ocean Rim Association (IORA)  kepada KOMPAS.TV.

Baca Juga: Sentuhan Cerdas Firma Arsitek Indonesia dalam Desain MediaCity Mauritius

Tidak hanya dalam kegiatan nasional semacam perayaan 17 an. "Tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari,“ imbuhnya.

Mauritius cukup terpencil. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Reunion, milik Prancis. Agak ke barat lagi bertemu Madagaskar,  barulah daratan  Mozambik, Afrika Timur. Ke Timur, sejauh mata memandang, hanyalah Samudra Hindia.

"Jika ada nelayan Indonesia yang terdampar, kami dengan senang hati menolongnya,“ imbuh Rina.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x