Kompas TV nasional peristiwa

Selain Tunjuk Pengganti Tjahjo Kumolo untuk Menpan RB, Jokowi Disebut akan Reshuffle Kabinet

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 12:44 WIB
selain-tunjuk-pengganti-tjahjo-kumolo-untuk-menpan-rb-jokowi-disebut-akan-reshuffle-kabinet
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022, Kamis (18/8/2022). (Sumber: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo disebut sangat mungkin melakukan reshuffle, selain menunjuk nama baru untuk posisi Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Pernyataan itu disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini melalui keterangan lewat video yang dikirimkan ke KOMPAS TV, Jumat (19/8/2022).

“(Reshuffle -red) Sangat memungkinkan, apalagi masih ada pos menteri yang masih kosong hingga hari ini,” ucap Faldo Maldini.

Pos menteri yang masih kosong hingga kini adalah Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) lantaran Tjahjo Kumolo, pejabat yang mengisi jabatan tersebut meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Baca Juga: Mahfud MD: Orang-orang Ferdy Sambo Sempat Sembunyikan Tewasnya Brigadir J dari Kapolri

Selain mengisi kursi yang kosong, Faldo memastikan Presiden Jokowi juga akan melakukan reshuffle kabinet.

Sebagaimana diketahui, kata Faldo, Presiden Jokowi butuh tim yang mampu untuk membuat lompatan lebih tinggi dalam menyikapi tantangan pasca-pandemi maupun dampak situasi global.


 

“Ya pasti itu akan diisi (Menpan RB) dan pasti akan ada reshuffle, kita sudah mendengar pidato Bapak Presiden kemarin, berbagai kemajuan dapat kita capai tentu kita membutuhkan tim yang mampu mempertahankan bahkan membawa lompatan yang lebih tinggi,” ucap Faldo.

Faldo pun meyakini Presiden Jokowi telah memiliki cara bagaimana membawa Indonesia untuk siap menghadapi ketidakpastian global akibat krisis pangan dan krisis energi.

Baca Juga: Mahfud MD: Ada Usul Polri di Bawah Kejaksaan Agung, Kemendagri, atau Kemenkumham

“Tentunya sudah memiliki hitungan menghadapi berbagai ketidakpastian global, krisis pangan, dan krisis energi yang menjadi perhatian,” ujarnya.

“Butuh solusi untuk itu, maka perlombaan pun dapat dilakukan.”

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono telah mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo akan melantik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menpan RB) bersamaan dengan peletakan batu pertama Istana Negara di Ibu Kota Negara, Nusantara, Kalimantan Timur.

“Ada dua insya Allah. Insya Allah ground breaking Istana Negara dengan pelantikan menteri nanti, tapi tidak tahu, itu kami serahkan ke Presiden (Joko Widodo),” kata Heru Budi Hartono dikutip dari Antara pada Rabu (17/8/2022).

Namun, Heru lebih lanjut menyampaikan untuk dua agenda tersebut belum dapat dipastikan soal waktunya.

Baca Juga: Mahfud MD saat Ferdy Sambo Katakan Ada Upaya Perkosaan di Magelang: Itu Karangan, Tapi Menjijikan

“Karena kesibukan beliau sebagai seorang Presiden, kemarin juga baru pergi ke Beijing, Tokyo, Seoul, mempersiapkan materi. Sebelumnya ke Eropa, baru kembali kemarin, sudah mempersiapkan 17 Agustus, pidato kenegaraan,” ujar Heru.

“Mudah-mudahan beliau sempatlah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih Pak Presiden.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x