Kompas TV olahraga kompas sport

Kamu Enggak Sendirian! 65.000 WNI di Jepang Siap Dukung Timnas Bulu Tangkis di Kejuaraan Dunia 2022

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 20:14 WIB
kamu-enggak-sendirian-65-000-wni-di-jepang-siap-dukung-timnas-bulu-tangkis-di-kejuaraan-dunia-2022
65.000 WNI di Jepang akan mendukung tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Dunia 2022. (Sumber: Twitter @INABadminton/PBSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS.TV - Sebanyak 65.000 warga negara Indonesia (WNI) dipastikan bakal mendukung skuad Timnas Bulu Tangkis yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia 2022 atau BWF World Championship 2022.

Hal tersebut dikatakannya oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi saat menyambut atlet bulu tangkis di Wisma Duta, Tokyo, Jumat (19/8/2022). 

“Ada 65.000 WNI di seluruh Jepang, kalau ini disiarkan di televisi dijamin dan diharapkan bisa ikut meramaikan, terutama masih dalam suasana hari kemerdekaan,” kata Heri dikutip dari Antara

Menurutnya, penyambutan timnas bulu tangkis ini sangat penting karena para atlet akan mewakili Indonesia dalam arena internasional yang merupakan salah satu bentuk diplomasi.

“Olahraga adalah bagian sesungguhnya diplomasi. Kami menekankan aspek diplomasi yang lebih sosial,” lanjutnya.

Heri pun berharap Indonesia dapat meraih juara dalam Kejuaraan Dunia 2022, namun dengan tetap menjunjung tinggi nilai sportivitas.

“Namun di atas itu yang terpenting adalah sportivitas dan penampilan karena mencerminkan Indonesia,” imbuhnya. 

Para atlet bulu tangkis Indonesia akan bertanding pada kejuaraan dunia bulu tangkis (BWF World Championship 2022) yang digelar di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada 22-28 Agustus. 

Baca Juga: Pelatih Ungkap Beban Sektor Ganda Putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

Sebanyak 30 orang dari rombongan tim bulu tangkis Indonesia telah tiba di bandara Narita, Tokyo pada Kamis (18/8) pukul 15.55 dan pukul 16.00 waktu setempat dengan pesawat NH836 dan JL720.

Sementara, tujuh orang lainnya tekah tiba di Jepang melalui bandara Haneda dengan menggunakan pesawat SQ634 pukul 21.50.

Kedatangan kontingen Indonesia ini juga disambut oleh Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap.


Daftar skuad bulu tangkis Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022:

Dalam ajang Kejuaraan Dunia 2022 ini, Indonesia menurunkan empat pasangan ganda putra terbaiknya yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Sementara di sektor tunggal putra, pemain yang diturunkan adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto serta Chico Aura Dwi Wardoyo.

Di sektor tunggal putri, Indonesia hanya mengirimkan dua wakil, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Sama di sektor tunggal, ganda putri juga hanya punya dua pasangan yang bertanding di Kejuaraan Dunia 2022 dan akan diwakili oleh Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Pada sektor terakhir yaitu ganda campuran, Indonesia membawa tiga pasangan yakni Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2022, 3 Ganda Putra Indonesia di Satu Bagan, Pelatih: Ada Untung dan Ruginya



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x