Kompas TV internasional kompas dunia

Ikuti Tradisi Masa Lalu, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr akan Kunjungi Indonesia dan Singapura

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 21:05 WIB
ikuti-tradisi-masa-lalu-presiden-filipina-ferdinand-marcos-jr-akan-kunjungi-indonesia-dan-singapura
Ferdinand Marcos Jr akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan Singapura pada awal September, mengikuti tradisi pemimpin masa lalu (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MANILA, KOMPAS.TV - Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan Singapura pada awal September.

Kunjungan itu mengikuti tradisi para pemimpin masa lalu yang mengunjungi negara-negara Asia Tenggara untuk perjalanan resmi pertama mereka, seperti laporan Straits Times, Jumat (19/8/2022).

Sekretaris Pers Marcos Trixie Angeles-Cruz mengatakan pada Jumat (19/8/2022) bahwa Presiden Marcos Jr. akan terlebih dahulu mengunjungi Indonesia pada 4-6 September, sebelum menuju ke Singapura pada 6-7 September.

Kementerian Luar Negeri Singapura memastikan rencana kunjungan kenegaraan Marcos Jr. mendatang adalah atas undangan Presiden Halimah Yacob.

"Kami berharap dapat menyambut Presiden Marcos ke Singapura," kata seorang juru bicara.

Pada Mei lalu, Presiden Halimah mengirimkan ucapan selamat kepada Marcos setelah dia memenangkan pemilihan presiden.

"Saya sangat ingat keramahan yang hangat dan ramah yang diberikan kepada saya oleh orang-orang Filipina selama kunjungan kenegaraan saya ke Filipina pada September 2019. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk memperkuat persahabatan antara kedua negara kita," tulis Presiden Halimah.

Baca Juga: Takut Kena Sanksi AS, Filipina Batal Beli Helikopter Rusia

Presiden Ferdinand Marcos Jr akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan Singapura pada awal September, mengikuti tradisi pemimpin masa lalu. (Sumber: Straits Times)

Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga mengucapkan selamat kepada Marcos dan mencatat "hubungan yang dalam dan berlangsung lama" antara Singapura dan Filipina.

"Sebagai sesama anggota pendiri ASEAN, kami memiliki pandangan yang sama tentang perkembangan utama regional dan global, dan bekerja sama untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran regional," kata PM Lee.


Marcos juga diperkirakan akan mengunjungi Amerika Serikat, yang menganggap Filipina sebagai salah satu sekutu perjanjian tertua di Asia, di kemudian hari.

Marcos Jr. mengatakan pada bulan Juni bahwa dia ingin menghadiri sidang Majelis Umum PBB, yang akan diadakan di New York dari 13 hingga 17 September.

Presiden AS Joe Biden juga telah mengundang Marcos untuk mengunjungi Washington, DC.

 



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.