Kompas TV bisnis bumn

KAI Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis dan Tes PCR Rp195 Ribu untuk Penumpang KA Jarak Jauh

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 20:34 WIB
kai-sediakan-layanan-vaksinasi-covid-19-gratis-dan-tes-pcr-rp195-ribu-untuk-penumpang-ka-jarak-jauh
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis dan tes RT-PCR dengan harga Rp195 ribu di sejumlah stasiun. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis dan tes RT-PCR dengan harga Rp195 ribu di sejumlah stasiun.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, layanan ini bertujuan untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh, sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub no 80 tahun 2022.

“KAI selalu bersiap melayani pelanggan di tengah kondisi aturan yang dinamis imbas masih adanya Covid-19 di Indonesia,” ujar Joni, dikutip dari keterangan tertulis PT KAI, Selasa (23/8/2022).

Dijelaskan, layanan vaksinasi gratis disediakan oleh PT KAI di berbagai stasiun serta fasilitas Klinik Mediska yakni fasilitas kesehatan milik KAI yang berlokasi di lingkungan stasiun.

Layanan tersebut saat ini sudah tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Manggarai, Stasiun Bandung/Klinik Mediska Kebonkawung, Klinik Mediska Cirebon, serta Stasiun Jatibarang.

Baca Juga: Kronologi Penumpang Singkap Jilbab Petugas KAI karena Tak Boleh Naik Kereta, Kini Dipolisikan

Selanjutnya, Stasiun Semarang Tawang/Klinik Mediska Semarang, Stasiun Purwokerto, Klinik Mediska Kroya, Klinik Mediska Kutoarjo, Klinik Mediska Yogyakarta, juga Klinik Mediska Solo.

Layanan itu juga disiapkan di Klinik Mediska Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Malang, Stasiun Kepanjen, Klinik Mediska Jember, Stasiun Ketapang, dan Klinik Mediska Medan.

Dalam keterangan tertulis juga disebutkan, pelanggan yang membutuhkan layanan tes Covid-19, KAI menyediakan layanan RT-PCR seharga Rp195.000 di 14 stasiun.

Keempat belas stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang, Semarang Tawang, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, dan Surabaya Gubeng.

Layanan tes RT-PCR di stasiun hanya untuk calon pelanggan KA Jarak Jauh, dengan menunjukkan kode booking atau tiket KA Jarak Jauh dengan status pembayaran lunas.


KAI mengimbau peserta tes RT-PCR di stasiun untuk melakukan tes pada H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA. Hal ini dikarenakan hasil tes RT-PCR paling cepat keluar 8 jam sejak pengambilan sampel.

“Calon pelanggan diharapkan dapat mulai melakukan vaksinasi hingga vaksin ke-3 untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.