Kompas TV nasional peristiwa

Temui Jokowi, Raja Eswatini Siap Impor Produk Komestik Indonesia

Rabu, 24 Agustus 2022 | 14:30 WIB
temui-jokowi-raja-eswatini-siap-impor-produk-komestik-indonesia
Presiden Jokowi menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/8/2022). (Sumber: Dok. BPMI Setpres/Kris)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, dari negara di Afrika Selatan, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/08/2022).

Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin membahas berbagai upaya meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara. Bahkan Eswatini mengaku siap mengimpor komestik produk Indonesia.

Demikian kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang turut mendampingi Presiden selama pertemuan dengan pemimpin negara yang berbatasan dengan Afrika Selatan dan Mozambik itu, seperti dikutip dari dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu. 

"Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata, holiday, tetapi juga digunakan oleh Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” kata Retno.

Adapun kedua pemimpin terakhir bertemu pada 2019. Retno menyebut sejak pertemuan itu, sudah adanya perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang wellness spa yang berada di Eswatini.

Menurut Menlu, hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya.

“Di dalam pertemuan tadi Raja Eswatini mengatakan, dari perusahaan wellness yang berada di Eswatini ini rencananya Eswatini akan mengimpor kosmetik-kosmetik produk Indonesia,” kata dia.

Baca Juga: Hore! TMII akan Dibuka Kembali, Pesan Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal-mahal, Rakyat Harus Menikmati

Selain itu, lanjut dia, Jokowi juga berbicara mengenai bagaimana swasta dan badan usaha milik negara (BUMN) kedua negara dapat lebih didekatkan lagi.

Menurut rencana, ujar Menlu, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi.

“Kami dua menteri luar negeri ditugaskan untuk melakukan mempersiapkan dokumen tersebut," ucap Retno.

"Jadi walaupun pembicaraannya singkat, namun pembicaraan fokus pada upaya untuk peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di dalam bidang infrastruktur, energi, pariwisata, dan juga dari aspek kesehatan."

Untuk diketahui, kunjungan Raja Mswati III ke Indonesia ini bukan kunjungan yang pertama kalinya. Sebelumnya Raja Mswati III pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015, dan 2019.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara Raja Mswati III didampingi oleh Menteri Luar Negeri Eswatini Thulisile Dladla. 

Baca Juga: Jokowi soal Rencana Kenaikan Harga Pertalite: Diputuskan Secara Hati-hati, Dikalkukasikan Dampaknya



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x