Kompas TV regional berita daerah

Rinjani Gunung Berapi Yang Diminati Pendaki

Kompas.tv - 1 September 2022, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Gunung rinjani sudah tak asing lagi di telinga pendaki, keindahan gunung berapi tertinggi kedua di indonesia yang berada di lombok nusatenggara barat ini, tak hanya diminati pendaki dalami negeri akan tetapi pendaki dari luar negeri.

Sebelum memulai pendakian,   para pendaki wajib menjalani tes kesehatan dan juga chekin di kantor taman nasional gunung rinjani di desa sembalun lombok timur.

Pendakian gunung rinjani jalur sembalun menyuguhkan panorama perbukitan dan hamparan ilalang. Tak bisa dipungkiri gunung rinjani merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, maka tak heran gunung rinjani selalu ramai pendaki dalam  dan luar negeri.

Seperti halnya faradina andriani, seorang pramugari asal jakarta ini,rela melakukan perjalanan  jauh dan  cukup menantang,   untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di gungung rinjani secara langsung.

Gunung berapi yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, menyuguhkan panorama alam yang indah.

Gunung rinjani juga memiliki kaldera yang membentuk danau dikenal juga sebagai danau segara anak. Tak hanya menyuguhkan keindahan di danau segaran anak, para pendaki bisa melakukan aktivitas memancing dan juga berendam air hangat alami.

Ikan hasil tangkapan bisa menjadi menu tambahan dan asupa protein, yang baik bagi para pendaki sambil melepas lelah turun dari puncak gunung rinjani.

Tak kalah menarik di jalur torean yang baru diresmikan pada 1 april 2021 menyuguhkan bentang alam yang mempesona,  tak terkecuali air terjun yang diapit dua punggungan menjadi ikonik jalur torean. Maka tak heran eksotisnya jalur torean pendaki menjulukinya kawasan ini seperti di film  jurassic park.

Kendati demikian untuk melewati jalur torean, diperlukan kehati-hatian yang ekstra karena melewati bibir jurang yang cukup curam.

Untuk kemaanan dan keselamatan, selain dianjurkan menggunakan pemandu dan juga porter pendakian gunung rinjani diperlukan stamina fisik yang prima dan juga logistik serta  perlengkapan pendakian yang memadai.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah . IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/ Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x