Kompas TV internasional kompas dunia

Kunjungi Indonesia, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr Bakal Bertemu Jokowi untuk Bahas Hal Ini

Kompas.tv - 4 September 2022, 09:14 WIB
kunjungi-indonesia-presiden-filipina-ferdinand-marcos-jr-bakal-bertemu-jokowi-untuk-bahas-hal-ini
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr atau Bongbong akan mengunjungi Indonesia, Minggu (4/9/2022), (Sumber: AP Photo/Aaron Favila, File)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

MANILA, KOMPAS.TV - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, dilaporkan telah berangkat ke Indonesia pada hari ini, Minggu (4/9/2022).

Kepergian presiden yang akrab disapa Bongbong tersebut sebagai bagian dari kunjungan kenegaraan pertamanya setelah dilantik.

Selain Indonesia, Singapura juga menjadi tujuan kepergian Bongbong.

Sekretaris Pers Kepresidenan Filipina, Trixie Cruz-Angeles pada Sabtu (3/9/2022), akan bertemu Presiden Joko Widodo, dan Presiden Singapura Halimah Yacob.

Baca Juga: Filipina Buka Kembali Sekolah Tatap Muka: Dua Tahun Dijeda Pandemi Covid-19, Apa Saja Hambatannya?

“Presiden akan bertemu bertemu dengan warga kami di Singapura dan Indonesia untuk secara pribadi meyakinkan komitmen pemerintah untuk melindungi hak dan kesejahteraan mereka sebagai OFW (pekerja luar negeri Filipina),” tutur Angeles pada postingan Facebook-nya dikutip dari Inquirer.

Rencananya setelah tiba di Jakarta, minggu siang, Marcos akan bertemu dengan komunitas Filipina di Indonesia.

Baru pada Senin (5/9/2022), ia akan bertemu dengan Presiden Jokowi, serta para pemimpin bisnis Indonesia.

Seperti diungkapkan Juru Bicara Departemen Luar Negeri Filipina, Teresita Daza, Marcos dan Presiden Jokowi akan membicarakan kerja sama pertahanan.

Selain itu mereka juga akan membicarakan kerja sama keamanan perbatasan maritime, ekonomi, hubungan orang ke orang, dan semua masalah besar yang mempengaruhi wilayah Asia Tenggara dan dunia.

Baca Juga: Heboh Harga BBM Subsidi Indonesia Naik, Media Asing Ikut Soroti Kenaikannya yang Capai 30 Persen

Keduanya juga akan menyaksikan pembaruan Aktivitas Kerja Sama pada Pertahanan dan Keamanan 1997.

Daza mengatakan kepergian Marcos ditemani oleh Menteri Luar Negeri Enrique Manalo, Menteri Keuangan Benjamin Diokno, Menteri Perdagangan Alfredo Pascual, Menteri Bujet Amenah Pangandaman, Menteri Perencanaan Sosioekonomi Arsenio Balisacan dan Gubernur Bank Sentral Filipina Felipe Medalla.

Presiden Marcos sendiri berkunjung ke Indonesia selama dua hari, dan akan berangkat ke Singapura pada Selasa (6/9/2022).



Sumber : Inquirer


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.