Kompas TV otomotif news

Tertarik Motor Listrik? Ini 7 Merek yang Jual Resmi dan Harganya di Indonesia

Kompas.tv - 4 September 2022, 19:41 WIB
tertarik-motor-listrik-ini-7-merek-yang-jual-resmi-dan-harganya-di-indonesia
Penampakan motor listrik Jokowi yang laku dijual Rp2.550.000.000 dan dibeli Pengusaha asal Jambi. (Sumber: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi membuat sebagian masyarakat mulai mencari alternatif lain.

Salah satu yang digunakan adalah menekan penggunaan bensin dengan kendaraan listrik.

Menggunakan kendaraan listrik disebut bisa membantu penghematan subsidi hingga Rp600 miliar per tahun. Beberapa fasilitas publik hingga swasta sudah menggunakan kendaraan bertenaga listrik dalam operasionalnya.

Di jalanan, seringkali motor listrik milik ojek online berseliweran di kota. Penggunaan motor listrik disebut bisa mengurangi dampak buruk dari pembuangan bensin sehingga udara lebih bersih.

Meski demikian terdapat satu faktor yang jadi alasan masyarakat enggan buru-buru berpindah menggunakan kendaraan atau motor listrik.

Faktor itu adalah ketersediaan fasilitas pengisian daya listrik umum hingga penukaran baterai umum.

Bagi masyarakat yang ingin menjajal motor listrik untuk menekan penggunaan BBM berikut beberapa merk yang resmi dijual di Indonesia dan harganya seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Baca Juga: Yuk Intip Meriahnya Bursa Otomotif "Tumplek Blek" yang Terbesar di Asia Tenggara

1. Gesits

Motor listrik Gesits sempat menjadi perbincangan usai dilelang dalam acara amal dan laku di harga Rp2,55 miliar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahkan membubuhkan tanda tangannya di motor tersebut.

Motor Gesits memiliki tenaga listrik dengan daya motor 5KW dengan jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam sektor pengisian daya, motor listrik ini membutuhkan waktu 3-4 jam.

Motor ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Untuk harga motor listrik Gesits dibanderol di angka Rp28 jutaan.

2. Volta

PT Volta Indonesia Semesta meluncurkan motor listrik bernama Volta 401. Teknologi dalam motor ini adalah diterapkannya Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB).

Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Dalam sektor pengisian daya, motor ini membutuhkan waktu 6-8 jam. Dilansir dari laman resminya, harga motor listri Volta 401 berkisar mulai dari Rp15,7 juta.

Baca Juga: Mulai Dilirik Usai BBM Naik, Ini Keuntungan Motor Listrik Dibanding Motor BBM

3. Viar Q1

Beberapa orang mungkin sudah pernah melihat langsung motor Viar Q1. Pasalnya kendaraan ini yang sempat jadi armada layanan transportasi online Grab dalam setahun terakhir.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.