Kompas TV nasional politik

Sah! Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menpan-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Kompas.tv - 7 September 2022, 13:52 WIB
sah-jokowi-lantik-abdullah-azwar-anas-jadi-menpan-rb-gantikan-tjahjo-kumolo
 Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo. (Sumber: ANTARA/HO-LKPP/am)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo.

Pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Istana Negara pada Rabu siang, (7/9/2022), yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Kompas TV.

"Demi Allah saya bersumpah akan setia pada UUD negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Abdullah Azwar Anas mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.


“Bahwa saya dengan menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai Menpan-RB dalam Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Baca Juga: Sosok Azwar Anas, Bupati Banyuwangi Dua Periode yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Menteri PAN-RB

Seperti diketahui, jabatan MenPAN-RB kosong sejak ditinggalkan almarhum Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sempat menjabat sebagai Menteri PAN-RB ad interim pada 4 - 15 Juli 2022.

Namun sejak 15 Juli 2022, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB. 

Sementara itu, Abdullah Azwar Anas saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada periode 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI-Perjuangan.

Sebelumnya ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Azwar Anas sebagai Menteri PAN-RB Gantikan Tjahjo Kumolo Siang Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.