Kompas TV video tahu gak sih lo?

TGSL - Tahu Gak? Gaji Kecil Bikin Otak Cepat Tua!

Rabu, 7 September 2022 | 17:20 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hei, tahu nggak? Ada studi yang temukan bahwa terus bekerja dengan upah rendah bisa sebabkan penurunan kinerja otak terutama dalam ingatan secara signifikan dan lebih cepat. 

Dilansir dari Studyfinds seperti yang dikutip dari kompas.com di artikel ini, penelitian sebelumnya telah menghubungkan pekerjaan berupah rendah dengan gejala depresi, obesitas, dan hipertensi. 

Menurut mereka, semua kondisi ini bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami penuaan kognitif jauh lebih cepat. 

Baca Juga: Menua dengan Sehat, Ini Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi di Usia 50-an dan 60-an

Gaji atau upah kecil mengambil satu tahun usia otak seseorang. Jadi, pekerja berupah rendah mengalami kira-kira satu tahun tambahan penuaan kognitif selama periode 10 tahun. 

Setiap 10 tahun penuaan kognitif normal yang dialami rata-rata orang, seorang pekerja berupah rendah alami penuaan kognitif layaknya penuaan selama 11 tahun. 

Jadi, bagaimana cara menjaga kesehatan otak agar tak cepat tua? 

Dari segi pengusaha, bisa dengan menaikkan upah karyawannya untuk menunjang kesehatan otak. Dan untuk pekerja, bisa dengan mengatur alur finansial lebih baik serta melihat peluang baru dalam berkarir. Tak hanya itu, kesempatan membuka usaha juga merupakan peluang agar finansial berkembang lebih baik.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x