Kompas TV nasional peristiwa

Pangkostrad Sematkan Brevet Cakra ke Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolri Jadi Prajurit Kostrad

Kompas.tv - 13 September 2022, 15:27 WIB
pangkostrad-sematkan-brevet-cakra-ke-jenderal-listyo-sigit-prabowo-kapolri-jadi-prajurit-kostrad
Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyematkan Brevet Kehormatan Cakra kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu dilakukan seusai menutup Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA. 2022, bertempat di Pantai Palampang, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (13/09/2022).

“Penyematan Brevet Kehormatan Cakra ini merupakan bentuk penerimaan dan pengukuhan serta penghargaan Kostrad kepada Kapolri, yang pada hari ini bersama-sama prajurit Kostrad selesai melaksanakan Latihan Standarisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA 2022 telah resmi menyandang sebagai prajurit Cakra Kostrad,” ujar Pangkostrad dalam keterangan tertulis.

Maruli berharap dengan momentum penyematan Brevet Kehormatan Cakra kepada Kapolri dapat menjadi kebanggaan.

Baca Juga: Ali Mochtar Ngabalin Bantah Presiden Jokowi Hindari Massa Unjuk Rasa: Jangan Fitnah

Mengingat, kualifikasi yang terkandung pada Brevet Cakra adalah kualifikasi yang diperoleh melalui latihan dan penggemblengan untuk mencapai suatu kemampuan khusus sesuai tuntutan bagi setiap prajurit Kostrad.

“Satuan Kostrad sebagai satuan tempur memiliki standardisasi yang harus disiapkan, untuk mengantisipasi dan menghadapi berbagai perkembangan situasi dan kondisi yang berkembang di seluruh wilayah NKRI,” kata Maruli.

“TNI-Polri adalah garda terdepan, untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, di daerah penugasan kita saling membantu, kami pasukan yang selalu siap, kami latihan rutin dan kami selalu siap untuk melakukan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan.”

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa bangga bisa menyaksikan secara langsung latihan standardisasi prajurit Kostrad gelombang XIII.

Baca Juga: Pengakuan Ferdy Sambo: Bantah Perintahkan Bharada E Isi Amunisi ke Pistol dan Ikut Tembak Brigadir J

“Alhamdulillah saya selaku Kapolri mendapatkan kehormatan menjadi warga kehormatan Kostrad,” ucap Jenderal Sigit.

“Baru saja saya mendapatkan penyematan langsung Baret Kostrad, Sangkur, dan Brevet sebagai warga kehormatan Kostrad oleh Pangkostrad.”

Kapolri yakin dengan kegiatan ini, sinergitas TNI-Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik dapat meningkat.

“Khususnya Kostrad dan Polri telah banyak membantu tugas-tugas yang dilaksanakan kepolisian bersama-sama menghadapai musuh-musuh negara, gangguan Kamtibnas yang akan mengancam masyarakat baik di kota, gunung-gunung, perbatasan-perbatasan dan daerah terpencil,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.