Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Kirim Barang dari Bekasi ke Priok Cuma 30 Menit

Kompas.tv - 20 September 2022, 10:27 WIB
jokowi-resmikan-tol-cibitung-cilincing-kirim-barang-dari-bekasi-ke-priok-cuma-30-menit
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Sumber: Biro Setpres )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan 2 ruas tol tersebut bisa mempermudah distribusi produk hasil industri dan membantu mengurai kemacetan di DKI Jakarta.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi I yang segera bisa kita operasionalkan," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan panjang 27,2 km Tol Cibitung-Cilincing punya arti penting dalam mobilitas barang dari kawasan industri menuju pelabuhan untuk dikirim ke berbagai wilayah. Hal itu pada akhirnya akan memperkuat ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan, Kementerian PUPR: Petugas Sudah Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

"Dari kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan logistik di Karawang dan Bekasi. Sehingga akan sangat cepat dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing diantarkan ke pelabuhan di wilayah Jakarta Utara," tutur Jokowi.


 

"Inilah yang nantinya akan mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing ekspor Indonesia," tambahnya.

Jokowi menyampaikan, Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi 2. Sedangkan untuk Tol JORR 2 keseluruhan, ditargetkan bisa selesai pada akhir 2023.

"Kita harapkan, JORR 2 akan rampung selesai 100 persen pada akhir 2023," ujarnya.

Baca Juga: Laka Beruntun Tol Pejagan-Pemalang, Operator Tol dan Jasa Raharja Diminta Cepat Beri Ganti Rugi

Mengutip laman resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Cibitung - Cilincing terdiri atas 4 seksi. Yakni Seksi 1 SS Cibitung – Telaga Asih, Seksi 2 Telaga Asih – Muara Bakti, Seksi 3 Muara Bakti – Kanal Banjir Timur, dan Seksi 4 Kanal Banjir Timur – Cilincing.

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan PT. Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT. Waskita Karya dan konsultan supervisi PT. Virama Karya SMEC Denka. Total nilai investasinya sekitar Rp12,91 triliun untuk keseluruhan 4 seksi. 

Jalan tol yang merupakan bagian dari bagian Proyek Strategis Nasional ini, nantinya juga dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan khususnya dari wilayah Timur Jakarta dari Cibitung menuju Utara Jakarta di Tanjung Priok dari sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, menjadi sekitar setengah  jam. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x