Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 Diresmikan, Pemerintah Buka Akses ke Wilayah Maja dan Lebak

Kompas.tv - 20 September 2022, 10:38 WIB
tol-serpong-balaraja-seksi-1-diresmikan-pemerintah-buka-akses-ke-wilayah-maja-dan-lebak
Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

BEKASI, KOMPAS.TV - Selain Jalan Tol Cibitung-Cilincing, hari ini, Selasa (20/9/2022), Presiden Jokowi juga meresmikan ruas Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, dengan panjang 5,1 km. Tol tersebut adalah bagian tahap awal dari ruas Tol JORR III.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi I yang segera bisa kita operasionalkan," kata Jokowi dalam konferensi pera dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Keberadaan JORR II dan JORR III inilah yang disebut akan mampu mengurai kemacetan di kota Jakarta. Lantaran kendaraan tidak perlu melintasi wilayah tengah Jakarta.

Baca Juga: Bos BCA Jual 1 Juta Lembar Saham BBCA untuk Renovasi Rumah dan Investasi

"Kalau JORR 2 dan JORR 3 selesai dari barat ke timur, timur ke barat tidak perlu lalu melalui tengah Jakarta. Sehingga bisa mengurangi kemacetan di DKI Jakarta," ujarnya.

Jalan Tol Serpong-Balaraja ini akan mendukung konektivitas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan pengembangan layanan logistik sekitar wilayah kawasan Jakarta, Tangerang, dan Banten yang semakin lancar. 

Jalan Tol Serpong - Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I (BSD–Legok) sejauh 11,3 Km, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 Km, dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 17,8 Km.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan, Kementerian PUPR: Petugas Sudah Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

Keistimewaan Jalan Tol Serpong - Balaraja akan terkoneksi dengan sejumlah Jalan Tol lainnya, yaitu Jalan Tol Serpong - Ulujami yang juga terkoneksi dengan JORR 1 dan JORR 2.

Jalan Tol Serpong - Balaraja juga akan terhubung langsung dengan akses masuk ke Tol Tangerang – Merak yang terkoneksi dengan Balaraja, serta akan mendukung pengembangan konektivitas kawasan Kota Baru Maja bahkan hingga Lebak. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x