Kompas TV religi beranda islami

Amalan Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki yang Halal

Rabu, 21 September 2022 | 05:39 WIB
amalan-doa-agar-dimudahkan-mendapatkan-rezeki-yang-halal
Ilustrasi rezeki yang tumbuh. Bacalah doa ini agar dapat rezeki yang halal (Sumber: Kompas TV/Freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam islam, mencari rezeki halal adalah kewajiban. Doa berikut ini merupakan salah satu ikhtiar agar kita dimudahkan mendapatkan rezeki halal dalam setiap usaha yang kita lakukan. 

Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang kewajiban bagi seorang muslim untuk mencari rezeki halal ini. Sebab, rezeki yang kita dapat akan menjadi daging, menjadi tenaga untuk kita hidup sehari-sehari dan beribadah kepada-Nya. 

Mencari rezeki yang halal hukumnya wajib atas setiap orang Muslim (HR Thabrani).

Jika sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita sesuatu yang tidak halal atau subhat (antara halal dan haram), maka bisa jadi itu penghalang keberkahan. Selain itu, rezeki yang halal itu dapat menjadikan seseorang doanya mudah dikabulkan.

Sebab tubuh yang mendapatkan rezeki halal itu tidak tercampur dengan sesuatu yang menghalangi cahaya dari-Nya. Hajat kita pun akan dipermudah.  

Selain doa rezeki halal, bagi muslim, ikhtiar selanjutnya adalah senantiasa bertawakal. Allah akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi umat-Nya. 

Dari Umar bin Khattab RA, ia berkata, "Saya mendengar Rassulullah SAW bersabda: "Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian seperti seekor burung, pagi-pagi ia keluar dari sarangnya dalam keadaan lapar dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang," (HR. Ahmad dan Turmudzi).

Berikut doa agar dimudahkan mendapatkan rezeki halal. Doa ini dinukil dari Kumpulan Doa sehari-sehari (Bimas Islam Kemenag, 2013). 

Baca Juga: Kisah 70.000 Orang Masuk Surga Tanpa Azab dan Hisab, Bikin Sahabat Bertanya-tanya

Baca Juga: Petunjuk Al-Qur'an dan Hadis, 4 Hal ini Bikin Doa Mudah Dikabulkan

Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki Halal

Teks latin: Allahumma ya qhaniyyu ya hamid ya mubdi'u ya mu'id ya rahimu ya wadud agniniy bihalalika an haraamika wakfii bifadhlika amman siwaka wa shollollahu ala muhammadin aaalihi wa sahbihi wasallim. 

Artinya: "Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat YangMengembalikan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Mencintai.  

Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. keluarga dan sahabat beliau."

itulah doa rezeki agar dimudahkan mendapatkan rezeki yang halal dari-Nya. Semoga Allah senantiasa memberkahi kehidupan kita. Amin. Wallahu a'lam. 

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rumah Ambruk Tergerus Arus Sungai

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:40 WIB
Close Ads x