Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerjasama Kompas TV dengan Bank Rakyat Indonesia

Pengembangan Identitas Diri, Teknik Marketing yang Sering Terlupakan

Kompas.tv - 21 September 2022, 13:31 WIB
pengembangan-identitas-diri-teknik-marketing-yang-sering-terlupakan
Personal branding sangat dibutuhkan bahkan bagi pelaku UMKM sekalipun. (Sumber: Dok. BRI)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TVPersonal branding adalah suatu teknik marketing dengan membangun persepsi orang lain terhadap diri sehingga bisa ditawarkan secara profesional. Nama, pengalaman, karier, hingga ciri khas tertentu dapat dipromosikan menjadi personal branding.

Dalam berbisnis, personal branding memiliki pengaruh besar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Makin kuat personal branding-nya, daya jualnya pun akan makin tinggi. Karena itu, personal branding sangat dibutuhkan bahkan bagi pelaku UMKM sekalipun.

Expert Leadership dan Management Training Apran Fathona memaparkan pendapatnya terkait teknik marketing dan personal branding. Apran mengatakan, dalam pengelolaan bisnis dan usaha, banyak yang sering melupakan bahwa satu faktor akan terikat dengan faktor lainnya.

Personal Branding atau identitas diri seringkali dilupakan karena diangap sebagai faktor kecil yang tidak terlalu berpengaruh. Namun, bagi para ahli, teknik marketing ini merupakan suatu hal yang bisa mendorong kesuksesan usaha.

Baca Juga: Membangun UMKM Kreatif, Inovatif, dan Juara Sedari Muda

Menurut Apran, marketing, personal branding, dan sales merupakan tiga hal berbeda yang saling berkaitan. Apran mengibaratkan ketiganya seperti permainan sepak bola.

Marketing diibaratkan sebagai pemain yang mengoper bola, sementara personal branding adalah posisi gelandang yang berusaha mencetak gol. Melalui operan bola dan upaya untuk mencetak gol, dari sanalah personal branding sebuah bisnis mulai terbangun. Setelahnya, sales yang diumpamakan sebagai gol akan turut mengikuti.

Apran juga menjelaskan poin penting bahwa personal branding yang dipilih harus tepat. Berdasarkan pengalaman pribadi, Apran yang memiliki banyak bisnis tetap ingin menampilkan identitas diri sebagai coach.

Karena itu, Apran lebih memilih memperkenalkan diri sebagai Expert Leadership dan Management Training daripada seorang usahawan. Hal ini menunjukkan bahwa harus ada konsistensi terhadap identitas diri yang ingin dibentuk sehingga lebih fokus untuk dikembangkan.

Bagi Anda yang ingin menjalani bisnis bersama partner, simaklah tips dari Danu Sofwan, pemilik Radja Cendol, Esteh Indonesia, Basreng Gonjreng, dan Ramu Nostalgia. Radja Cendol sendiri memiliki sekitar 800 store yang tersebar di Indonesia, bahkan sudah membuka cabang di Hongkong

Sementara itu, Esteh Indonesia telah mengembangkan bisnis hingga memiliki hampir 1000 toko di Indonesia. Danu menjelaskan bahwa pemilihan partner dalam berbisnis merupakan langkah yang harus dijalani dengan hati-hati.

Walaupun mengenal dekat dengan calon partner, perjanjian secara formal tetap penting untuk dilakukan. Perjanjian kontrak tersebut akan mencatat jelas bagaimana cara pembagian hasil dan sebagainya sehingga perjalanan bisnis berjalan dengan baik.

Danu menyarankan untuk mencari partner yang tidak menyepelekan suatu hal, termasuk perkara hitam di atas putih. Dalam berbisnis, segala sesuatu perlu dijalankan melalui agreement atau MoU sejak awal. Karena itu, tidak masalah bila Anda membutuhkan waktu lama untuk membangun tim dalam berbisnis.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Identitas Diri UMKM di Era Digitalisasi

Menurut Danu, akan lebih baik bila memiliki partner bisnis dengan karakter dan ketertarikan yang berbeda. Selain lebih unik, partner dengan pemikiran lain dapat membantu bisnis berkembang dalam berbagai aspek.

Danu memberikan contoh dirinya yang mengangkat sang istri, Jenita Janet, sebagai partner berbisnis. Jenita adalah seorang penyanyi dengan personal branding-nya tersendiri. Namun, Danu dan Jenita tetap bersikap profesional dan tidak membawa urusan rumah tangga dalam berbisnis.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.