Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa yang Sering Dipanjatkan Nabi Muhammad, Singkat dengan Keutamaan Melimpah

Jumat, 23 September 2022 | 05:57 WIB
bacaan-doa-yang-sering-dipanjatkan-nabi-muhammad-singkat-dengan-keutamaan-melimpah
Ilustrasi doa. i (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim terdapat doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Keutamaannya, adalah dilindungi dunia dan kelak di akhirat.

Dari Anas, ia berkata, 'Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, atina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar." (HR Bukhari dan Muslim).

Imam Nawawi menjelaskan dalam kitab "Riyadush Shalilihin", doa ini kerap dibaca oleh para ulama dan sahabat, serta diselipkan dalam tiap bacaan doa hajat lantaran begitu melimpahnya keberkahan di dalamnya. 

Kenapa doa ini kerap disebut doa sapu jagad di Indonesia? Alasan disebut doa sapu jagad karena doa ini berisikan doa yang menyelimuti kebaikan dunia dan akhirat.

Lewat doa ini diharapkan keberkahan dan keselamatan akan menghampiri saat kita berada di dunia dan di akhirat kelak. Doa ini juga singkat dan relatif mudah dipanjatkan. 

Baca Juga: Diet ala Nabi

Baca Juga: Amalan Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki yang Halal

Doa Nabi Muhammad

 

Teks latin: Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

Semoga Allah SWT senantiasa rida terhadap segala aktivitas kita dan mencurahkan keberkahan, serta kebahagiaan kepada kita di dunia dan di akhirat. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x