Kompas TV regional berita daerah

Sidekah Ketupat Diramaikan Aneka Kesenian

Kompas.tv - 23 September 2022, 15:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Alunan musik khas Sunda mengiringi tarian Ronggeng yang ditampilkan oleh anak-anak warga dDsa Bingkeng, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pentas kesenian yang di gelar di lapangan ini untuk melestarikan budaya lokal dalam rangka upacara Sidekah Kupat.

Selain tarian Ronggeng sejumlah kesenian lokal juga turut ditampilkan diantaranya Jaipong, Ronggeng dan musik dog-dog atau memukul gendang, serta seni tradisional lain.

Meski masuk Kabupaten Cilacap, namun Kecamatan Dayeuhluhur berada di perbatasan dengan Provinsi Jawa Barat, sehingga kesenian yang menonjol di daerah tersebut justru kesenian khas Sunda.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yang turut hadir di acara tersebut, mengaku mendukung tradisi Sidekah Ketupat dengan aneka kesenian tradisional yang dipertontonkan.

"Pada komitmen bersama, gotong royong mas. Tidak bisa mengandalkan temen-temen di pemerintah kabupaten, tidak bisa, semua elemen, masyarakata khususnya. Terutama para tokoh dan pemangku adat, itu yang punya komitmen luar biasa," jelas Eris Yunianto, Kabid Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah.

Acara semakin seru setelah group bodoran atau lawakan tampil dan berhasil mengocok perut para penonton.

#cilacap #sidekahketupat #keseniansunda

  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.