Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Marsudi Bertemu Menlu China Wang Yi di sela Majelis Umum PBB, Ini yang Dibicarakan

Minggu, 25 September 2022 | 06:20 WIB
menlu-retno-marsudi-bertemu-menlu-china-wang-yi-di-sela-majelis-umum-pbb-ini-yang-dibicarakan
Menlu Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi bertemu di sela sidang ke 77 Majelis Umum PBB, hari Kamis, 22 September 2022. (Sumber: Xinhua)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW YORK, KOMPAS.TV - Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di sela-sela sesi ke-77 Majelis Umum PBB yang sedang berlangsung pada Kamis (22/9/2022) lalu.

Seperti laporan Xinhua, Sabtu (24/9/2022), kedua menteri luar negeri menyatakan kepuasan mereka dengan hasil yang semakin kaya dari kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia, dan berjanji untuk menindaklanjuti konsensus penting yang dicapai antara kedua kepala negara.

Selain itu kedua menlu sepakat untuk terus memperdalam kerja sama praktis antara kedua negara di berbagai bidang, menuju pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama.

Kedua belah pihak bertukar pandangan tentang KTT Bali Kelompok 20 G20 2022 yang akan digelar di Bali November nanti.

Memperhatikan efek limpahan negatif dari krisis Ukraina dan risiko besar dari resesi ekonomi global, Wang meminta negara-negara maju utama dan negara berkembang mengambil KTT sebagai kesempatan untuk memperkuat koordinasi kebijakan dan kerja sama, sehingga membawa harapan untuk pemulihan global.

Baca Juga: Retno Marsudi akan Sampaikan ini saat Berpidato dalam Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB nanti

Wang mengatakan China mengharapkan Indonesia untuk menjalankan kepemimpinan selama kepresidenan G20, untuk mendorong semua pihak memusatkan upaya pada aspirasi awal G20, menjaga solidaritas, dan menempatkan pembangunan di depan dan di tengah, dan untuk mendorong peserta KTT untuk mencapai konsensus mengenai tekanan isu-isu seperti pangan, iklim, energi dan rantai pasokan.

China mendukung penuh Indonesia untuk sukses menjadi tuan rumah KTT, dan siap berkoordinasi erat dengan Indonesia untuk mendorong hasil positif KTT, tambahnya.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang masalah Myanmar.

Wang mengatakan China mendukung Indonesia dalam mengambil alih kepresidenan bergilir Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ASEAN, dan mendukung untuk tetap berpegang pada "cara ASEAN," menjaga solidaritas ASEAN.

Selain itu Wang Yi mendorong berbagai pihak di Myanmar untuk melakukan konsultasi dan dialog sehingga dapat mencapai konsensus politik dalam kerangka konstitusi dan hukum Myanmar sendiri.



Sumber : Xinhua

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x