Kompas TV regional sosial

Saat Menhub Minta Pemkot Medan Lakukan Hal Ini di Terminal Bayangan

Kompas.tv - 25 September 2022, 13:20 WIB
saat-menhub-minta-pemkot-medan-lakukan-hal-ini-di-terminal-bayangan
Menhub minta Pemkot Medan untuk menertibkan bus di terminal bayangan di luar Terminal Tipe A Amplas, Medan, Sumatera Utara. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, TNI/Polri, dan unsur terkait lainnya untuk menertibkan bus di terminal bayangan di luar Terminal Tipe A Amplas, Medan, Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Budi saat meninjau Terminal Tipe A Amplas bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (24/9/2022).

Menurut Budi, pemerintah telah membangun Terminal Tipe A Amplas sebagai salah satu terminal terbaik di Indonesia.

“Kita telah membangun Terminal Tipe A Amplas yang menurut saya salah satu terminal terbaik di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan bandara,” ucapnya, dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub.

Baca Juga: Kenaikan Tarif Ojol Di Gorontalo Menunggu Rumus Perhitungan Dari Kemenhub

“Ini menjadi pusat integrasi antarmoda. Untuk itu saya mohon dukungan Wali Kota dan Dandim untuk melakukan penegakkan hukum bagi operator bus yang melakukan kegiatan di luar terminal,” ujar Menhub. 

Budi menambahkan, pemerintah ingin memastikan pembangunan infrastruktur yang dilakukan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ia berpendapat, terminal tersebut akan berfungsi dengan baik jika semua bus yang beroperasi menggunakan terminal itu.


 

“Terminal ini akan berfungsi dengan baik apabila semua bus-busnya pindah ke sini.”

“Di dalam terminal lebih tertata dengan baik dan nyaman, ada bus antarkota dan angkutan dalam kota. Dibandingkan di luar terminal, penumpang harus lari-lari dan macet,” katanya.

Ia juga memerintahkan jajaran Ditjen Perhubungan Darat untuk melakukan pertemuan berkala dengan pihak Pemkot Medan dan unsur terkait, guna memastikan penegakan hukum dijalankan dan fungsi dari terminal menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Soal Jet Pribadi yang Digunakan Brigjen Hendra ke Jambi, Alvin Lie: Datanya Ada di Kemenhub

Sedangkan terkait dengan pelaku UMKM yang menempati area komersial di area terminal, Menhub meminta pengelola terminal dapat mengurasi dengan baik produk-produk lokal yang berkualitas.

“Di Medan ada kuliner mi atau kopi yang enak, yang nanti bisa menempati area komersial di sini,” ucap Menhub.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x