Kompas TV internasional kompas dunia

Pensiunan Perwira Senior Myanmar Ditembak Mati di Rumahnya oleh Gerilyawan Pemberontak

Kompas.tv - 25 September 2022, 21:15 WIB
pensiunan-perwira-senior-myanmar-ditembak-mati-di-rumahnya-oleh-gerilyawan-pemberontak
Ohn Thwin diyakini sebagai perwira militer aktif atau pensiunan berpangkat tertinggi yang dibunuh sejak Februari tahun lalu, ketika tentara merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. (Sumber: Myanmar State News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANGKOK, KOMPAS.TV — Seorang pensiunan perwira tinggi militer Myanmar ditembak mati di rumahnya di Yangon, dalam pembunuhan terbaru yang dikaitkan dengan gerilyawan yang menentang kekuasaan junta militer.

Seperti laporan Associated Press, Minggu (25/9/2022), Ohn Thwin diyakini sebagai perwira militer aktif atau pensiunan berpangkat tertinggi yang dibunuh sejak Februari tahun lalu, ketika tentara merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi, yang memicu oposisi publik yang meluas.

Sebuah kelompok gerilya perkotaan bernama Inya Urban Force mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Ohn Thwin, 72, yang juga pernah menjabat sebagai duta besar Myanmar untuk Maladewa, Sri Lanka, Bangladesh dan Afrika Selatan. Menantunya juga tewas dalam serangan itu.

Juru bicara pemerintah militer, Mayor Jenderal Zaw Min Tun, mengonfirmasi kematian mereka kepada layanan berbahasa Myanmar dari penyiar Voice of America pada Sabtu malam.

Dia mengutuk itu karena menjadi serangan terhadap veteran.

Kudeta militer memicu protes damai yang ditindas oleh pasukan keamanan dengan kekerasan berdarah, yang mengarah ke perlawanan bersenjata yang telah meningkat menjadi apa yang disebut beberapa pakar PBB sebagai perang saudara.

Ohn Thwin ditembak di kepala oleh dua pria sekitar pukul 3 sore ketika dia membuka pintu rumahnya di kotapraja Hlaing di Yangon, kata dua warga, yang berbicara pada hari Minggu dengan syarat anonim karena mereka takut akan pembalasan dari pihak berwenang.

Baca Juga: PM Malaysia Kecewa dengan PBB, Tuduh Dewan Keamanan ‘Cuci Tangan’ tentang Myanmar

Seorang pensiunan perwira tinggi militer Myanmar ditembak mati di rumahnya di Yangon, dalam pembunuhan terbaru yang dikaitkan dengan gerilyawan yang menentang kekuasaan junta militer. (Sumber: Straits Times)

Mereka mengatakan menantu laki-lakinya, Ye Tay Za, seorang pensiunan kapten tentara, juga ditembak ketika dia melawan serangan dan mencoba membantu Ohn Thwin.

Warga mengatakan para korban dibawa ke Rumah Sakit Kan Thar Yar, yang dimiliki perusahaan yang dikendalikan oleh militer.

Dalam sebuah posting Facebook, Angkatan Perkotaan Inya menyatakan "misi hari ini tercapai."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x