Kompas TV regional berita daerah

Gelaran Budaya Sambut Upacara Sedekah Kupat

Kompas.tv - 26 September 2022, 12:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Alunan musik khas sunda mengiringi tarian ronggeng yang ditampilkan oleh anak-anak warga Desa Bingkeng, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah.

 

Pentas kesenian yang di gelar di lapangan Desa Bingkeng, Cilacap ini, untuk melestarikan budaya lokal dalam rangka upacara sedekah kupat. Pagelaran kesenian yang dihadiri oleh dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi dan Kabupaten setempat ini pun, memukau ribuan warga setempat.

 

Bahkan, para penonton ini dibuat tertawa saat pementasan seni dog-dog atau memukul gendang, yang diselingi dengan bodoran atau lawakan.  Tak hanya itu, kesenian paling populer di tanah sunda yakni jaipong turut meramaikan panggung seni kearifan lokal ini. Daerah Dayeuhluhur ini sendiri, berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Barat.

 

Sehingga, kesenian yang menonjol di daerah tersebut justru khas sunda, bukan khas yang ada di jawa tengah. Namun begitu, pihak dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, tetap mendukung seni budaya yang sudah melekat bagi warga di kawasan perbatasan ini. Hal ini dilakukan, agar tidak punah dan terus akan didorong, karena semuanya adalah seni budaya nusantara. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x