Kompas TV nasional hukum

Seragam Polantas akan Dilengkapi Body Camera, Ini Alasannya

Selasa, 27 September 2022 | 15:19 WIB
seragam-polantas-akan-dilengkapi-body-camera-ini-alasannya
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera. (Sumber: Dok. Polda Metro Jaya)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memiliki seragam baru untuk bertugas.

Menurut Kombes Nurul, seragam anggota polisi lalu lintas atau polantas itu akan dilengkapi dengan body camera (bodycam). 

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Kadiv Propam Tindak Tegas Polantas yang Melanggar: Ini Memalukan

“Untuk penggunaan seragam lalu lintas rencananya akan ada bodycam," kata Kombes Nurul di Jakarta pada Selasa (27/9/2022) seperti dikutip dari Kompas.com.

"Teknisnya saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain."

Nurul menjelaskan seragam baru polantas yang akan dilengkapi dengan body camera itu rencananya akan digunakan personel saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Unit Turjawali).

Nantinya, kata dia, body camera tersebut menjadi alat pemantauan atau pengawasan terhadap situasi lalu lintas di sekitar petugas tersebut.

Baca Juga: Polri Bikin BPKB Elektronik Pakai Teknologi Chip, Cegah Penyelewengan dari Utang sampai Motor Bodong

Tak hanya itu, lanjut Nurul, body camera yang terpasang di seragam polantas tersebut juga akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas," ujar Kombes Nurul.

Nurul menambahkan, tujuan pemasangan body camera pada seragam Polantas tersebut untuk mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggar.

"Sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” ucap dia.

Baca Juga: Oknum Polwan Pelaku Penganiayaan Ditetapkan Sebagai Tersangka, Polisi: Sudah Berada di Tempat Khusus

Sebelumnya, dikutip dari Kompas.id, Korlantas Polri memperbarui pakaian dinas, yakni baru dibuat minimalis untuk memudahkan polantas melakukan tindakan penanganan kecelakaan.

Nantinya, seragam baru itu juga merupakan modifikasi dari seragam sebelumnya.

Tetapi, ada tambahan seperti atribut yang dibordir, keterkaitan dengan handy talky (HT), serta body camera.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa perubahan seragam baru polantas itu disesuaikan dengan perkembangan dan tantangan tugas yang baru.

Baca Juga: Penangkapan 2 Pelaku Penganiayaan Polantas di Demo 11 April Diwarnai Tangis Sang Ibu

“Kita melihat ada beberapa yang saya katakan tadi perlu penyesuaian,” ucap Firman, dikutip dari Kompas.id, 26 September 2022.

 


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x