Kompas TV religi beranda islami

Rabiul Awal 1444 Hijriah Tiba, Perbanyak Amalan Maulid Nabi Berikut Ini

Selasa, 27 September 2022 | 15:42 WIB
rabiul-awal-1444-hijriah-tiba-perbanyak-amalan-maulid-nabi-berikut-ini
Ilustrasi bulan maulid Nabi  (Sumber: Unsplash/Simon Infanger)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rabiul Awal 1444 Hijriah dimulai pada hari ini, Selasa 27 September. Rabiul Awal kerap disebut juga sebagai bulan Maulid Nabi atau Bulan kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW. 

Sebagai muslim, sudah selayaknya kita menyambut bulan baik Maulid Nabi 2022 ini. Kenapa? Sebab bulan Maulid Nabi adalah bulan penuh istimewa lantaran ada banyak kejadian penting dalam sejarah Islam.

Beberapa peristiwa penting di antaranya, lahirnya Nabi Muhammad pada 12 Rabiul Awal hingga pendirian masjid pertama umat Islam pada 8 Rabiul Awal. Adapun Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam sistem kalender Hijriah.

Nah, untuk menyambut bulan istimewa ini, ada baiknya melakukan pelbagai amalan maulid Nabi 2022 berikut ini. Paling tidak, ada tiga amalan maulid Nabi sederhana yang bisa diamalkan. 

Baca Juga: Bacaan Doa yang Sering Dipanjatkan Nabi Muhammad, Singkat dengan Keutamaan Melimpah

Tiga Amalan Maulid Nabi 

Pertama, memperbanyak selawat.     

Bulan Maulid Nabi adalah bulan perbanyak selawat Nabi. Begitu pentingnya salawat kepada Nabi Muhammad, Allah SWT pun berfirman dalam Alquran bahwa Allah dan para malaikat pun mengucapkan salam kepada beliau.

"Sungguh Allah dan malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab ayat 56).

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad Dilobi untuk Membebaskan Penjahat karena Kebangsawanannya, tapi Ditolak Tegas

Kedua, memperbanyak sedekah.

Sedekah adalah perkara baik yang digemari Rasulullah. Bahkan, beliau menyuruh kita untuk terus bersedekah sebab harta kita tidak akan pernah berkurang.

Rasulullah bersabda,“Harta tidak akan berkurang dengan perbuatanmu karena sedekah.” (Muttafaq Alaih).

Ketiga, memperbanyak syukur.

Nah, yang ketiga adalah memperbanyak syukur. Hal ini penting sebagai amalan ringan terakhir mengingat Rasul juga senantiasa mengajari kita untuk menjadi pribadi yang terus bersyukur.

Hal ini senada dengan firman Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 152 yang artinya:

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Itulah amalan Maulid Nabi yang bisa kita kerjakan dan diperbanyak di bulan istimewa ini. Semoga Allah dan Rasul-Nya senantiasa menjaga setiap langkah kita. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x