Kompas TV nasional politik

Doakan Puan Bisa Jadi Presiden, Muhaimin Berharap PKB Jalan Bareng PDIP

Kompas.tv - 27 September 2022, 17:31 WIB
doakan-puan-bisa-jadi-presiden-muhaimin-berharap-pkb-jalan-bareng-pdip
Ketua DPR RI Puan Maharani, menyebut dirinya bersaudara dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berharap dalam Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang bisa berjalan bersama dengan PDI Perjuangan.

Hal ini setelah dirinya bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat berziarah ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Minggu (25/9/2022).

Menurut Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, komunikasi semua partai harus berjalan dengan baik agar Pilpres 2024 berjalan dengan baik, aman dan nyaman. 

Baca Juga: Jawab Muhaimin Ketika Ditanya Jadi Cawapres Puan: Saya Tanya Pak Prabowo Dulu Ya

Meski berkeinginan bisa berjalan bersama dengan PDIP, namun Cak Imin memastikan kerja sama PKB dan Partai Gerindra tidak akan berubah.

Hal ini lantaran PKB dan Gerindra sudah menandatangani nota kesepahaman besama. 

"Komunikasi dengan partai lain tetap berjalan, Kita berharap kita bisa bareng-bareng (dengan PDIP)," ujar Cak Imin saat kunjungan di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (27/9/2022).

Sebelumnya Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani saling mendoakan bisa menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Baca Juga: Cak Imin Tegaskan Komitmen Koalisi dengan Gerindra Meski Bertemu Puan Maharani

Muhaimin mendoakan agar Puan bisa menjadi Presiden, sementara Puan mengamini doa Muhaimin bisa maju di Pilpres minimal sebagai Wapres.

Puan menilai segala kemungkinan bisa saja terjadi di politik. Termasuk kemungkinan Muhaimin menjadi pasanggannya jika PDIP mengusung Puan Maharani sebagai capres. 

"Ya mungkin saja, enggak ada yang enggak mungkin dalam politik. Jadi bisa ketemu begini saja sudah satu sinyal kemungkinan ke depannya mungkin saja. Ya kan, Cak Imin?" ujar Puan di TMP Kalibata, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Cak Imin Siap Jadi Cawapres Puan, Prabowo: Kita Sudah Ada Kesepakatan

Terpisah, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meyakini PKB akan tetap berjalan bersama Gerindra di Pilpres 2024.

Menurutnya harapan Muhaimin bisa menjadi cawapres jika Puan Maharani mencalonkan diri sebagai capres adalah hak dari Cak Imin. Tapi kerja sama PKB-Gerindra tidak akan putus karena sudah ada kesepakatan.


 

Di sisi lain Gerindra tetap membuka pintu ke partai lain untuk bisa berkerja sama di pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2024, serta menentukan siapa yang kelak akan diusung sebagai capres dan cawapres.

"Ini kan perkembangan (kerja sama PKB-Gerindra) berjalan terus, kita ikuti, kita diskusi terus sama beliau (Cak Imin)," ujar Prabowo di gedung DPR, Senin (26/9/2022).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.