Kompas TV religi beranda islami

Amalan Doa Nabi Muhammad kepada Sahabat agar Sakit Cepat Sembuh

Rabu, 28 September 2022 | 16:08 WIB
amalan-doa-nabi-muhammad-kepada-sahabat-agar-sakit-cepat-sembuh
Ilustrasi doa. Inilah bacaan doa Nabi Muhammad agar sakit cepat sembuh (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan doa Nabi Muhammad yang diajarkan kepada para sahabat agar sakit yang didera cepat sembuh.

Doa Nabi Muhammad ini bisa kita tiru sebagai amalan agar Allah SWT segera mengangkat penyakit kita. 

Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajalla.”(HR. Muslim)

Doa nabi muhammad ini memilki arti yang begitu dalam. Seakan menjawab kegelisahan dan ketakutan ketika penyakit datang kepada kita dan ketakutan untuk sulit sembuh. 

Lewat wasilah (jalan) dari doa sederhana Rasulullah ini kita berharap, sakit yang menimpa kita akan segera sirna. Doa ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari.

Baca Juga: Rabiul Awal 1444 Hijriah Tiba, Perbanyak Amalan Maulid Nabi Berikut Ini

Baca Juga: Amalan Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki yang Halal

Doa Nabi Muhammad kepada Para Sahabat

Teks Latin: Allahuma rabbannasi adzhibil ba’sa wasyfihu. Wa antas Syaafi, la syifaa’a illa syifauauka, syifaan la yughddiru saqoma.

Artinya: Ya Allah, Tuhan dari Segala Manusia. Hilangkanlan segala kesusahan kami, berikanlah kesembuhan untuk kami. Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan.Tiada kesembuhan kecuali datangnya dari-Mu, sebuah kesembuhan yang tidak akan meninggalkan penyakit lain. (HR Bukhari dan Muslim).

Dibaca Tiga Kali

Untuk amalan, doa Nabi ini bisa dibaca tiga kali sebelum tidur maupun usai Salat Subuh. 

Lewat doa ini, semoga Allah SWT mengangkat segala penyakit kita, sebab seperti dalam makna hadis tersebut, ‘Tiada kesembuhan kecuali datangnya dari Allah. Sebab hanya Allah Dzat yang Maha Menyembuhkan’.  

Segala penyakit datangnya dari Allah dan Dia juga yang bakal menyembuhkan asalkan kita ikhlas, tawakal, dan ikhtiar. Wallahu a’lam bisshowab.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x