Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Bila Benar Jalur Pipa Gas Nord Stream Bocor akibat Sabotase, Uni Eropa Bersumpah Lakukan Pembalasan

Kompas.tv - 28 September 2022, 18:52 WIB
bila-benar-jalur-pipa-gas-nord-stream-bocor-akibat-sabotase-uni-eropa-bersumpah-lakukan-pembalasan
Riak raksasa akibat kebocoran pipa gas Nord Stream Rusia di Laut Baltik, lepas pantai Pulau Bornholm, Denmark, Selasa (27/9/2022). Uni Eropa tuding bocornya pipa gas dari Rusia ke Jerman itu sabotase. Jalur pipa gas itu tersambung dan berisi gas namun ditutup di Jerman karena perang Ukraina. (Sumber: Angkatan Bersenjata Denmark via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BRUSSELS, KOMPAS.TV — Uni Eropa menduga kerusakan dua pipa gas alam bawah laut Nord Stream 1 dan 2 adalah hasil sabotase. Uni Eropa juga bersumpah akan membalas setiap serangan terhadap jaringan energi Eropa, kata seorang pejabat senior Uni Eropa, Rabu (28/9/2022) seperti laporan Associated Press.

"Semua informasi yang tersedia menunjukkan kebocoran itu adalah hasil dari tindakan yang disengaja," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan atas nama Uni Eropa.

"Setiap gangguan yang disengaja terhadap infrastruktur energi Eropa sama sekali tidak dapat diterima dan akan ditanggapi dengan tanggapan yang kuat dan bersatu," imbuhnya.

Pada Selasa (27/9/2022), seismolog melaporkan ledakan mengguncang Laut Baltik sebelum kebocoran yang tidak biasa ditemukan pada dua pipa gas alam bawah air yang mengalir dari Rusia ke Jerman.

Insiden itu terjadi ketika Uni Eropa berjuang untuk menahan kenaikan harga gas dan listrik.

Beberapa pemimpin dan pakar Eropa menunjukkan kemungkinan sabotase, mengingat kebuntuan energi dengan Rusia yang dipicu oleh perang di Ukraina.

Baca Juga: Fakta Terbaru Kebocoran Gas Jalur Nord Stream 1, Total Suplai Gas Rusia ke Eropa Terhenti

Berbagai jalur pipa gas dari Rusia ke Eropa. Uni Eropa tuding bocornya pipa gas dari Rusia ke Jerman itu sabotase. Jalur pipa gas itu tersambung dan berisi gas namun ditutup di Jerman karena perang Ukraina (Sumber: AP Graphics)

Tiga kebocoran dilaporkan pada pipa Nord Stream 1 dan 2, yang diisi dengan gas alam tetapi Rusia tidak mengirimkannya ke Eropa.

Jalur pipa itu memungkinkan gas untuk disalurkan ke Jerman tanpa transit melalui Ukraina atau Polandia.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x