Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kebakaran Hutan Petugas Gabungan Gelar Latihan Sar

Kamis, 29 September 2022 | 17:28 WIB

Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV -  Tim gabungan dari Sat Brimob Polda Jatim, TNI Polri, BPBD dan Pemadam Kebakaran, menggelar latihan sar dan penanganan kebakaran hutan di Waduk Bening, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Latihan gabungan dimaksudkan untuk menjalin sinergitas dalam rangka penanganan kebencanaan termasuk kebakaran hutan dan lahan.

Tim gabungan yang terdiri dari Batalyon A dan C Satbrimob Polda Jatim, Bpbd, Pemadam Kebakaran, Dinas Kehutanan, Polres Kota Kabupaten Madiun dan Polres Nganjuk, serta anggota TNI dari Kodim 0803 Madiun, menggelar latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemapuan sar serta penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Latihan gabungan yang dipusatkan di Waduk Bening, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun ini, setidaknya menerjunkan sebanyak 270 personel gabungan. Latihan sar dan penanganan karhutla akan digelar selama dua hari.

Ada beberapa fokus dalam latihan sar gabungan ini. Diantaranya search and rescue atau sar permukaan air. Serta penanganan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. Apalagi di wilayah Jawa Timur terutama Kabupaten Madiun dan sekitarnya, diketahui juga memiliki wilayah hutan yang rawan erbakar pada saat musim kemarau.

Sementara, pencegahan kebakaran lahan disepanjang jalur tol Trans Jawa yang juga melintas di Kabupaten Madiun, turut menjadi prioritas dalam pencegahan karhutla oleh Bpbd setempat. Pemberian edukasi kepada masyarakat akan dilakukan, mencegah insiden yang terjadi di jalan tol akibat kebakaran lahan.

Harapannya, dengan gelaran latihan sar dan pencegahan karhutla secara bersama ini, akan meningkatkan sinergitas serta kecepatan yang terintegrasi, dalam penanganan jika sewaktu waktu terjadi bencana. 

#beritamadiun

#brimob

#kebakaranhutan

#latihansar

#sar


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x