Kompas TV regional berita daerah

Kerajinan Miniatur Kapal Laut Dalam Botol

Kompas.tv - 29 September 2022, 17:31 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - Pernahkah anda melihat miniatur kapal laut yang berada di dalam botol. Lalu bagaimana cara memasukkan kapal tersebut ke dalam botol ?. Seorang perajin miniatur kapal laut di Kota Malang, ini akan menunjukkan cara membuat miniatur kapal laut yang berada di dalam botol kaca. Dari ketekunannya perajin ini meraup untuk hingga jutaan rupiah.

Melihat sebuah kapal laut di dalam botol anda pasti berpikir bagaimana cara memasukkan kapal melewati mulut botol yang kecil. Ternyata membuat kapal laut ini dengan cara merangkainya satu persatu di dalam botol. Cara inilah yang dilakukan oleh Fahrizal Kurniawan, seorang pemuda di Kota Malang yang menjadi perajin miniatur kapal laut dalam botol.

Berbekal bambu dan lem kayu, Fahrizal Kurniawan dengan teliti  merangkai sebuah kapal laut di dalam sebuah botol kaca. Setiap detail bagian kapal seperti bodi, tiang hingga layar ia buat semirip mungkin dengan aslinya meski hanya berbahan bambu. Ketelitian dan ketenangan menjadi hal yang harus ia lakukan saat merangkai miniatur ini, karena jika terlalu banyak gerakan saat merangkai, hasilnya tidak akan tepat seperti yang diinginkan.

Fahrizal mengaku memilih bahan baku bambu sebagai bahan kerajinan, karena bambu sangat mudah didapat. Sedangkan untuk botol kaca, Fahrizal biasa mendapatkan di pedagang barang bekas atau pemberian dari teman temannya. Karena membutuhkan ketelitian, untuk sebuah miniatur kapal laut, ia selesaikan dalam waktu tiga hari. 

Hasil karyanya yang unik menarik minat konsumen. Untuk sebuah miniatur kapal laut dalam botol dijual mulai harga 200 ribu rupiah. Media sosial menjadi wadah bagi Fahrizal menawarkan hasil karyanya. Tidak hanya miniatur kapal laut, warga Jalan Selorejo Kota Malang ini juga membuat berbagai kerajinan berbahan bambu, seperti hiasan dinding, patung maupun kaligrafi.

#beritamaang

#kerajinan

#miniaturkapaldalambotol

#kapaldalambotorl

#kerajinan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.